Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 23 2022

    Es Mencair Gara-gara Urine Pendaki, Base Camp Gunung Everest Terpaksa Pindah

    Sayang yaa, Kawula Muda :(

    Gunung Everest (WIKIPEDIA)


    Kawula Muda tahu enggak sih, akhir-akhir ini Gunung Everest semakin mencair lantaran pemanasan global dan ulah manusia yang buang urine di sana.

    Akibatnya, pemerintah Nepal berencana untuk memindahkan base camp Gunung Everest dari Gletser Khumbu ke tempat yang lebih jauh.

    Berdasarkan laman WST Post, para ahli menyebut Gletser Khumbu dengan cepat mencair dan menipis, sehingga tidak aman untuk para pendaki yang berkunjung ke daerah tersebut.

    Penipisan gletser menyebabkan gunung es mencair sebagian akibat dari langkah kaki pendaki, kompor minyak tanah, dan urine. Diketahui, sekitar 4.000 liter per hari orang buang air kecil di sana.

    Gunung EverestGunung Everest (GETTY IMAGES/Westend61)

     

    Tempat camp para pendaki seharusnya berada di ketinggian 17.600 kaki (5.364 meter). Akan tetapi diubah antara 650 dan 1.310 kaki (200 meter hingga 400 meter) lebih rendah.

    Gletser Khumbu adalah gletser tertinggi di dunia dan terletak di wilayah Khumbu timur laut Nepal, antara gunung Everest dan punggungan Lhotse-Nuptse.

    Menurut para ahli, Gletser Khumbu mencair dan menipis dengan cepat, sehingga tidak aman bagi pengunjung.

    Sebagian besar Gletser Khumbu ditutupi oleh puing-puing berbatu, tetapi ada juga area es yang terbuka yang mencair dan membuat gletser tidak stabil.

    Keputusan tersebut mengikuti rekomendasi dari komite yang dibentuk oleh pemerintah Nepal untuk mengawasi pendakian gunung di sekitar Everest, gunung tertinggi di dunia pada ketinggian 29.000 kaki.

    Editor Team

    COMMENT