Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 10 2021

    Evaluasi PeduliLindungi, 1.464 Orang Kedapatan Positif Covid-19 Sebelum Masuk Mal!

    Wah, menurut kalian bagaimana nih, Kawula Muda?

    Ilustrasi sebelum masuk mal harus melakukan scan di aplikasi PeduliLindungi (MEDCOM)

    Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyampaikan hasil evaluasi penerapan aplikasi PeduliLindungi di enam sektor kehidupan masyarakat hingga 6 September 2021. Salah satu sektor yang dievaluasi adalah perdagangan.

    Dante menyatakan bahwa pihaknya berhasil menjaring kasus positif Covid-19 serta yang sempat kontak erat dengan pasien Covid-19 sebanyak 1.625 kasus. Ia juga mengatakan bahwa orang-orang yang sempat kontak dengan pasien Covid-19 masih sempat berkeliaran di jalan.

    “Itu terutama disebabkan karena mereka terdeteksi di sektor perdagangan terutama ketika akan masuk mal (1.464)," kata Dante pada Senin (06/09/2021) di konferensi pers PPKM di kanal YouTube Sekretariat Presiden.


    Ada empat kriteria pada aplikasi PeduliLindungi, yaitu hijau, kuning, merah, dan hitam. Untuk 1.625 kasus sebelumnya, termasuk ketika mau masuk mal terdeteksi dalam kategori hitam.

    “Evaluasi dilakukan agar tidak melakukan penyebaran dan meningkatkan terjadinya kasus,” ujar Dante.

    Ia juga mengatakan bahwa penggunaan aplikasi PeduliLindungi sangat penting untuk proteksi masyarakat. Diharapkan, dengan penggunaan aplikasi ini dapat menjaga masyarakat tidak terlibat kontak erat dengan orang-orang yang berpotensi membawa virus Covid-19.

    Sejauh ini, aplikasi PeduliLindungi telah digunakan di dalam enam sektor kehidupan masyarakat yaitu perdagangan, transportasi, pariwisata, kantor/pabrik, keagamaan, serta pendidikan.

    “Segera akan digunakan di beberapa sektor lainnya,” ucap Dante.

    Editor Team

    COMMENT