Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 13 2020

    Fans K-Pop Indonesia Bela Papua, Tagar SavePapuaForests Trending!

    Kawula Muda, sebuah video dari BBC News baru-baru ini, menggugah rasa nasionalisme para fans K-Pop di Indonesia.

    Tagar #SavePapuaForests menjadi trending topic di Twitter pada Jumat (13/11/2020). (TWITTER/GREENPEACE)

    Pembakaran lahan di wilayah Papua yang diduga dilakukan oleh perusahaan asal Korea bernama KORINDO membuat para fans K-Pop menaikkan tagar #SavePapuaForests dan #SaveHutanIndonesia di Twitter.

    Tagar tersebut pun berhasil menjadi trending topic hari ini, Jumat (13/11/2020).

    Aksi ini dilakukan setelah BBC News menaikkan sebuah kabar yang mengungkap hasil investigasi terkait pembakaran lahan di Papua. Dalam laporan BBC News menyebutkan bahwa salah satu hutan hujan terbesar se-Asia yang berada di Papua telah diubah untuk menjadi lahan perkebunan kelapa sawit, dengan cara ilegal.

    KPOP PAPUAHutan di Papua yang berubah menjadi lahan perkebunan kelapa sawit. (TWITTER)

     

    Pembukaan lahan dilakukan oleh KORINDO yang menjadi perusahaan kelapa sawit terbesar di daerah terpencil tersebut. Namun, saat dikonfirmasi oleh BBC, pihak KORINDO tidak mengakui tentang pembakaran lahan.

    Mereka menjelaskan bahwa pembukaan lahan dilakukan dengan cara legal, sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia yaitu dengan menggunakan alat berat. Sementara itu, kebakaran lahan yang terjadi merupakan akibat dari musim kemarau.

    Tetapi, pernyataan dari pihak KORINDO tersebut justru berbanding terbalik dengan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh para peneliti dari Forensic Architecture yang berbasis di Goldsmith University, Inggris.

    “Kami memiliki gambar, rekaman video, yang memperlihatkan api dan asap yang keluar dari wilayah tersebut. Tetapi, masih tidak jelas apakah hal tersebut disengaja atau tidak. Itulah yang menjadi pertanyaan. Dan kami pun mulai melakukan penelitian,” ungkap Samaneh Moafi, seorang peneliti dari Forensic Architecture, seperti yang dilansir dari BBC News.

    KPOP PAPUAHutan di Papua yang dulunya dipenuhi pepohonan, kini berubah lahan gundul. (TWITTER)

     

    Dari video yang diunggah dari BBC News tersebut, juga diperlihatkan sebuah video dari Greenpeace Internasional pada 2013 yang memperlihatkan tumpukan kayu yang terbakar. Berdasarkan petunjuk dari video tersebut, para peneliti kemudian melanjutkan investigasi di lahan garapan KORINDO melalui satellite images.

    Berdasarkan penelitian dari gambar satelit, terlihat jelas bahwa lahan yang awalnya hutan dengan rimbunan pepohonan berubah menjadi lahan kosong.

    “Berdasarkan pola, arah, dan kecepatan pergerakan api sangat cocok dengan pola, kecepatan, dan arah pembukaan lahan. Ini menjadi bukti bahwa kebakaran lahan tersebut dilakukan dengan sengaja,” ucap Samaneh Moafi.

    Pihak KORINDO menegaskan selain melakukan dengan cara legal, wilayah tersebut sering dilanda kekeringan ekstrem sehingga sering menyebabkan kebakaran. Selain itu, kebakaran di lahan tersebut bermula dari warga setempat yang membakar kayu untuk memburu tikus besar yang sering bersembunyi di tumpukan kayu.

    Namun, warga setempat justru memberikan pernyataan yang berbeda kepada BBC. Mereka mengatakan bahwa pembakaran hutan telah terjadi selama bertahun-tahun.

    Mereka melihat para pekerja di perusahaan tersebut sengaja mengumpulkan kayu bekas, menumpuk, lalu membakarnya dengan menyiramkan solar. Akibatnya, wilayah tersebut sering tertutup asap tebal selama beberapa lama.

    Setelah pemberitaan tersebut meluas, para penggemar K-Pop Indonesia tak tinggal diam, dengan menaikkan tagar #SaveHutanIndonesia, #SaveHutanPapua, #SavePapuaForests, dan #SavePapua untuk mendapatkan perhatian dari pihak yang terkait dengan permasalahan tersebut.



     

    Editor Team

    COMMENT