Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 20 2022

    Fauzan, Warga Magelang yang Tempuh 8.000 Km untuk Berangkat Haji Naik Sepeda

    Inspiratif banget! Semoga hajinya mabrur ya!

    Fauzan saat berada di KJRI Jeddah (INSTAGRAM/indonesiainjeddah)


    Pemuda asal Magelang, Jawa Tengah bernama Muhammad Fauzan (28) ramai dibahas dalam sejumlah media Arab.

    Hal ini dikarenakan dirinya menempuh jalur darat dengan menggunakan sepeda untuk menunaikan ibadah Haji dari Indonesia. Fauzan mengayuh sepeda sejauh 8.000 Km yang memakan waktu 7,5 bulan sampai akhirnya tiba di Arab Saudi.

    Fauzan juga melakukan kunjungan ke Kantor KJRI Jeddah pada 7 Juni 2022, loh! Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono mengapresiasi usaha serta tekad Fauzan untuk mencapai impiannya yaitu naik haji dengan cara yang tidak biasa.

    Konjen Eko Hartono turut senang dengan tibanya Fauzan di Arab Saudi dan akan berupaya membantu mendapatkan tasrih haji untuk Fauzan. 

    Fauzan bersama dengan Konsul Jenderal RI Jeddah Eko HartonoFauzan bersama dengan Konsul Jenderal RI Jeddah Eko Hartono (INSTAGRAM/indonesiainjeddah)

     

    Al-Khaleej, salah satu media Arab yang turut meliput Fauzan membahas mengenai tantangan saat mengayuh sepeda ke Arab Saudi. Fauzan mengatakan perubahan cuaca yang membuatnya kesulitan selama perjalanan. Ia harus melewati beberapa negara dengan suhu yang sangat panas serta perjalanannya terhambat akibat sepedanya mengalami kerusakan. 

    Nah, pada awalnya Fauzan merencanakan pergi ke Mekkah menggunakan motor. Namun, ia berubah pikiran setelah mempertimbangkan keamanan dan kemudahan saat memasuki negara-negara yang akan ia lewati.

    Fauzan bercerita jika dirinya memulai perjalanan sejak November 2021 mulai dari Magelang. Kemudian ia melanjutkan perjalanannya ke Jakarta, Sumatera, dan Batam. Lalu dari Batam ia naik kapal menuju Singapura yang dilanjutkan dengan mengayuh sepeda melewati Malaysia dan Thailand.

    Bermodalkan tekad yang kuat serta tabungannya yang berjumlah sekitar sepuluh juta rupiah, Fauzan memulai  perjalanannya untuk naik haji. Ternyata, tidak semua perjalanannya sesuai harapan, saat ingin memasuki Myanmar dan India dirinya tidak mendapatkan izin. Sampai akhirnya ia harus menggunakan pesawat menuju Riyadh yang kemudian dilanjutkan perjalanan kembali dengan sepeda ke Jeddah. 

    Keren banget ya Kawula Muda! 

    Editor Team

    COMMENT