Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 28 2021

    Foto Selfie KTP Dijual, Pinjol Diduga Bertanggung Jawab!

    Wah, selalu hati-hati ya Kawula Muda!

    KTP (disdukcapil.banyuasinkab.go.id)

    Kasus foto selfie dengan KTP yang diduga diperjualbelikan melalui media sosial baru-baru ini ramai diperbincangkan publik.

    Foto diri dengan KTP tersebut biasanya dipakai untuk verifikasi layanan keuangan dan ada dugaan bahwa pinjaman online bertanggung jawab dengan kejadian ini. 

    Menanggapi hal tersebut, Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing menduga jika hal ini adalah ulah dari pinjol (pinjaman online) yang ilegal. 

    “Benar, dugaannya ulah pinjol ilegal,” kata Tongam. Tongam juga mengimbau semua pihak untuk bersama-sama memberantas aplikasi pinjaman online ilegal.

    “Harus kita berantas bersama-sama, peran serta masyarakat sangat perlu untuk tidak mengakses aplikasi pinjol ilegal ini,” ujar Tongam lagi.

    Tongam kembali mengingatkan dan mendorong pihak-pihak yang telah dirugikan dengan kebocoran data pribadi ini untuk melakukan proses hukum dengan melapor kepada pihak berwajib.

    Tidak hanya Ketua Satgas Waspada Investasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga turun tangan dan akan menelusuri dugaan diperjualbelikannya foto selfie KTP tersebut.

    “Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini sedang melakukan penelusuran lebih lanjut terkait informasi mengenai dugaan penjualan foto selfie KTP secara tidak sah yang beredar di platform media sosial," kata Dedy Permadi selaku Juru Bicara Kominfo,

    Dedy menegaskan bahwa seluruh Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) wajib mematuhi dan mengikuti ketentuan yang berlaku di dalam perundang-undangan termasuk dengan memastikan pengamanan sistem elektronik dan perlindungan pada data pribadi.

    Editor Team

    COMMENT