Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 02 2020

    Freeze ‘em All,  Konser Musik Pertama di Antartika

    Hai Kawula Muda, konser musik di Antartika ternyata pernah digelar oleh grup Metallica pada 2013.

    Band rock Metallica asal Amerika mencatatkan sejarah sebagai band pertama yang menggelar konser di Antartika. (INSTAGRAM/METALICCA)

    Menggelar konser musik di Antartika? Bisa kok. Metallica adalah satu-satunya band yang pernah melangsungkan konser di Kutub Selatan, benua dingin yang tidak berpenghuni.

    Konser yang bertajuk Freeze ‘em All ini merupakan kerja sama antara Metallica dan Coca-Cola Zero.

    Konser ini berawal dari Coca-Cola yang mengadakan kompetisi untuk memenangi tiket konser di Antartika untuk penggemar Metallica di Argentina, Chili, Kolombia, Kosta Rika, dan Meksiko.

    Walau ada banyak portal berita musik yang mengabarkan berita tersebut, pengumuman itu dianggap sebagai lelucon.

    Kemudian, band heavy metal asal Amerika yang beranggotakan James Hetfield, Lars Ulrich, Kirk Hammett, dan Robert Trujillo itu menepisnya dengan melakukan klarifikasi di situs resmi mereka. 

    Para pemenang lalu diundang dalam pelayaran ke Antartika selama seminggu yang berhenti di Stasiun Carlini untuk konser pada 8 Desember 2013.

    Konser Metallica sebenarnya bukan yang pertama dilakukan di Antartika. Sebuah grup ilmuwan bernama Nunatak mengklaim pernah membawakan konser kecil-kecilan di benua paling selatan ini. Namun, untuk grup musik terkenal dunia, baru Metallica-lah yang melakukannya.

    Persiapan konser yang unik

    Freeze ‘em All diadakan di sebuah panggung terbungkus struktur kubah di Stasiun Carlini, yang terletak di Pulau King George, Kepulauan Shetland Selatan, Antartika.  Stasiun penelitian milik Amerika Serikat ini dinamai sesuai dengan ilmuwan Argentina, Alejandro Ricardo Carlini, dan didirikan pada 1982.  

    Agar tidak merusak ekosistem rapuh di sekitarnya, grup ini tidak menggunakan pengeras suara seperti biasanya. Sebagai gantinya, pengeras suara disimpan dalam kabin khusus, dan suara dikirimkan lewat headphones ke 120 penonton yang terdiri dari pemenang undian Coca Cola Zero dan para ilmuwan dari berbagai negara yang tinggal di Antartika.

    Konser tersebut disiarkan secara langsung untuk penonton di Amerika Selatan, kemudian direkam untuk disiarkan ke negara-negara lain. Beberapa lagu yang dibawakan dalam konser unik ini adalah Enter Sandman, Nothing Else Matters, Sad but True, Creeping Death, dan Seek & Destroy.

    Setelah konser Freeze ‘em All di Antartika benar-benar terwujud dan disiarkan serta  ditonton oleh banyak orang, akhirnya band rock Metallica dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai artis musikal pertama yang mengadakan konser di tujuh benua di Bumi. 

    Metallica benar-benar tampil di tujuh benua dalam satu tahun kalender, mengikuti jadwal tur di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia, dan Australia pada 2013. 

    Editor Team

    COMMENT