Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 28 2021

    Harga PCR Turun, Pemerintah Tegaskan Akan Tutup Lab yang Patok Harga Lebih Tinggi

    Kawula Muda, gimana pendapat lo terkait penurunan harga PCR ini?

    Joko Widodo minta harga tes PCR turun menjadi Rp300.000. (INSTAGRAM/JOKOWI)

    Kawula Muda, syarat perjalanan domestik melalui udara belakangan ini menuai kontroversi. Pasalnya, penumpang diwajibkan untuk menyertakan hasil tes PCR—yang semula hanya swab antigen.

    Berbagai pihak pun mulai berkoar-koar meminta harga Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) turun. Alhasil, harga tes PCR di Jawa-Bali ditetapkan maksimal Rp275.000. Sementara itu, mereka yang melakukan tes PCR di luar Jawa-Bali dipatok dengan harga paling tinggi Rp300.000.

    Pernyataan itu secara resmi diumumkan oleh Kementerian Kesehatan RI melalui akun Twitternya @KemenkesRI dan tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Pelayanan Kesehatan No HK.02.02/I/3843/2021 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang ditandatangani per tanggal 27 Oktober 2021. 

    PCRIlustrasi tes swab PCR. (SHUTTERSTOCK)

     

    Nantinya, hasil tes PCR akan keluar dengan waktu maksimal 1x24 jam sejak pengambilan sampel.

    "Besaran tarif tertinggi hanya berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT PCR atas permintaan sendiri & tidak berlaku untuk kegiatan contact tracing atau rujukan kasus ke RS yang mendapatkan bantuan pemeriksaan RT-PCR dari pemerintah," lanjutnya.

    Sementara itu, Kemenkes menegaskan bahwa laboratorium atau fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang mematok harga melampaui ketetapan akan mendapatkan pengawasan dan pembinaan termasuk memberikan teguran hingga sanksi kepada fasyankes terkait oleh dinas kesehatan (dinkes) provinsi dan dinkes kabupaten/kota.

    Melansir Kontan, pemerintah nampaknya cukup serius mempertimbangkan harga tes PCR tersebut, mengingat sanksi terakhir yang diberikan laboratorium adalah pencabutan izin operasional dan penutupan lab.

    Semoga enggak ada halangan lagi untuk pemerintah perbanyak testing, ya, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT