Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jun 27 2022

    Hari Ini 27 Juni, Fenomena Hujan Meteor Bootid Bisa Lo Lihat di Langit!

    Bisa dilihat pakai mata telanjang, Kawula Muda!

    Ilustrasi meteor (UNPLASH)


    Fenomena astronomis hujan meteor Bootid bakal ada malam ini, Senin (27/06/2022), dan bisa disaksikan langsung, loh Kawula Muda!

    Melansir dari Kompas, hujan meteor Bootid berasal dari sisa debu komet periodik 7P/Pons-Winnecke, yang bisa dilihat oleh seluruh wilayah Indonesia, tanpa menggunakan alat bantu apa pun.

    "Bisa (dilihat dari seluruh wilayah Indonesia), selama cuaca cerah, bebas polusi cahaya, dan medan pandang bebas dari penghalang," tutur Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang, mengutip dari Kompas.

    Fenomena ini bisa diamati dari arah Timur Laut senja atau 30 menit pasca Matahari terbenam. Mengenai waktunya, Kawula Muda bisa lihat pada pukul 20.00 waktu setempat.

    Kemudian puncak hujan meteor selanjutnya terjadi di Utara pada pukul 20.30 waktu setempat, sebelum akhirnya tenggelam di Barat Laut pada pukul 02.00 keesokan hari.

    Sebenarnya, hujan meteor ini sudah ada pada 2 Juni 2022 lalu, dan terus terjadi sampai 6 Juli 2022 mendatang.

    Hujan meteor Bootid bukan menjadi fenomena pertama kalinya di langit Indonesia. Hujan meteor Bootid merupakan fenomena yang terjadi setiap tahunnya di periode yang sama, dikarenakan Bumi berada di sisa debu komet periodik Pon-Winnecke.

    Siap-siap lihat langsung, nih Kawula Muda.

    Editor Team

    COMMENT