Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 12 2021

    Hebat! Ridwan Kamil Jadi Arsitek Masjid di Palestina, Peletakan Batu Pertama Dilakukan Virtual

    Bagus ya Kawula Muda masjidnya!

    Instagram/ridwankamil

    Seperti yang diketahui bahwa sebelum menjadi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, adalah seorang arsitek. Dirinya kini mendapat kesempatan dan dipercaya oleh lembaga Aman Palestin untuk bisa mendesain dan merancang masjid yang berada di Gaza, Palestina. Masjid tersebut bernama Masjid Syeikh Ajlin. 

    Dalam sejarahnya, Masjid Syeikh Ajlin hancur pada tahun 2014 lalu akibat perang dengan Israel.

    Pembangunan Masjid Syeikh Ajlin dimulai sejak peletakan batu pertama pada Rabu (7/4/21). Menariknya, peletakan batu dilakukan secara virtual dari Gedung Pakuan kota Bandung. Nampak Gubernur Ridwan Kamil meneteskan air mata haru pada saat memberi sepatah dua patah kata perihal keterlibatannya menjadi Arsitek masjid ini. 

    Untuk mensukseskan proyek ini, Ridwan Kamil dibantu berbagai pihak lain seperti Bank Syariah Indonesia, Wakaf Salman ITB dan pihak-pihak lain yang turut berpengaruh dalam pembangunan masjid ini.

    Dari segi desain bangunan masjid, Ridwan Kamil ingin memberikan kesan yang modern dan menunjukan kemajuan peradaban manusia. Desain gedung masjid sendiri terdiri atas 3 gedung utama, dimana gedung yang berada di tengah terlihat sebagai gedung yang paling tinggi. Desain bangunan tersebut ternyata memiliki filosofi yang mendalam. Bentuk tiga gedung utama tersebut baginya adalah simbol implementasi dari nilai-nilai islam. 

    Struktur paling tinggi yang berada di tengah merupakan representasi habluminallah,  sedangkan di kiri dan di kanan merupakan hablumminannas dan hablumminalalam.

    Kang Emil (sapaan untuk Pak Ridwan Kamil) secara terbuka mengatakan proses yang dilalui untuk sampai di titik ini jauh berbeda dengan pembangunan masjid di Indonesia dan tidak mudah. Biaya pembangunan Masjid Syeikh Ajlin juga akan dibantu oleh masyarakat Indonesia lewat dana dari berbagai pihak. 

    Editor Team

    COMMENT