Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 30 2020

    Hubungan Messi dan Barcelona? It's Complicated!

    Kawula Muda, masih ingat berita panas bulan lalu soal rencana Messi meninggalkan Barcelona. Kita flashback sedikit yuk.

    Pesebak bola Argentina, Lionel Messi, dan anak-anaknya. (INSTAGRAM/LIONEL MESSI)

    Masih mencintai, tetapi sudah tidak sejalan. Mempertimbangkan untuk berpisah, tetapi keadaan memaksa untuk masih tetap bersama.

    Demikian kira-kira gambaran hubungan antara pesepak bola Argentina, Lionel Messi, dan klub La Liga, FC Barcelona.

    Messi menghabiskan seluruh karier profesionalnya di Barcelona. Dia bergabung dengan klub Spanyol tersebut saat berusia 14 tahun, dan sederet prestasi gemilang membuatnya menjadi warga kehormatan di Catalunya.

    Selain gelar pribadi berupa 6 Ballon d'Or, ia telah membawa Barca meraih 10 gelar Liga Spayol dan 4 Liga Champions.

    Dalam banyak wawancara, Messi sering mengungkapkan bahwa ia ingin menghakhiri kariernya di Barcelona.

    Namun, romansa tersebut akhirnya retak. Pada Agustus 2020, Messi menyampaikan surat resmi pengunduran dirinya ke manajemen klub, tak lama setelah hasil buruk kontra Bayern Muenchen, yang membuat Barca terpental dari Liga Champions musim ini.



    Bagi pemain bintang sekelas Messi, biasanya ada dua alasan utama pindah ke klub lain. Pertama tentu saja karena iming-iming bayaran yang lebih tinggi, lalu kedua karena keinginan meraih trofi atau prestasi tertentu yang mungkin sulit diraih jika bertahan di klub sebelumnya.

    Namun, kedua alasan tersebut bukan dasar dari keinginan Messi untuk hengkang dari Barca.

    Klub besar di Liga Premier Inggris, Manchester City, bahkan telah membuka peluang lebar-lebar agar Messi bisa reuni dengan mantan pelatihnya dulu, Pep Guardiola.

    Semua peluang sudah terbuka, tetapi akhirnya Messi memutuskan untuk tinggal dulu di Barcelona, setidaknya hingga musim panas 2021. Sambil menunggu saat itu tiba, Messi tetap akan berusaha memberikan yang terbaik buat Barcelona.


    Kegalauan Messi terlihat jelas. Ia ingin pergi, tetapi tak mau menyisakan drama apalagi konflik (misalnya harus berhadapan dengan mantan klub di pengadilan karena urusan klausul kontrak yang dilanggar).

    Begitu juga dengan para fans. Messi benar-benar ingin memastikan hubungannya dengan Barcelona berakhir baik.

    "Rasanya menyakitkan ketika cinta saya untuk klub ini dipertanyakan. Cinta saya kepada Barca tidak akan pernah berubah," kata Messi.

    Dikutip dari Goal Internasional, Messi berusaha meyakinkan bahwa di mana pun dia bergabung, Barcelona akan selalu menjadi “rumah” baginya.

    "Saya suka Barcelona dan saya tidak akan menemukan tempat yang lebih baik daripada di sini, di mana pun. Tetap saja, saya memiliki hak untuk memutuskan. Saya akan mencari tujuan baru dan tantangan baru," ujar ayah tiga putra tersebut.

    Jadi, ke mana Messi akan bergabung musim depan?

    Editor Team

    COMMENT