Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Feb 22 2022

    Hujan Es di Sebagian Surabaya, Apa Kata BMKG?

    Serem banget :( hati-hati ya, Kawula Muda!

    Salah satu es dari hujan yang mengguyur kota Surabaya pada Senin (21/02/2022) (TIKTOK/JAZZLICIA)

    Sejumlah daerah di Kota Surabaya, Jawa Timur, terlihat alami hujan es disertai hujan kencang pada Senin (21/02/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan fenomena tersebut disebabkan oleh awan Cumulonimbus (CB).

    Dijelaskan BMKG, awan cumulonimbus mengandung tiga macam partikel, yakni butiran air, butiran air super dingin, dan partikel es. 

    “Sehingga hujan lebat masih berupa partikel padat es atau hail dapat terjadi,” tutur Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno, pada Senin (21/02/2022) dikutip dari CNNIndonesia. 

    Walaupun begitu, tidak semua awan CB dipastikan menyebabkan hujan es. Biasanya, awan CB yang menyebabkan hujan es terlihat berlapis-lapis dan seperti bunga kol. Kemudian, terdapat batas tepi berwarna abu-abu dan menjulang tinggi menjadi warna hitam. 

    Sutarno turut mengatakan fenomena tersebut lebih sering terjadi di masa peralihan musim atau pancaroba. 

    Hujan es memang terlihat mengguyur beberapa Kecamatan di Surabaya, mulai dari Kecamatan Lakarsantri, Kebraon, Wiyung, HR Muhammad, dan sekitarnya. Beberapa warganet pun mengabadikan hujan tak biasa tersebut dengan mengunggahnya di media sosial. 

    Salah satunya dari akun TikTok atas nama Susyasiang yang memperlihatkan hujan es di depan rumahnya sekitar pukul 15.07 waktu setempat. 

    @susyasiang

    sby hujan es

    ♬ 原聲 - CK(志)赤腳的挖? - ?Qoo好喝????

    Ada pula video dari akun TikTok atas nama Jazzlicia yang menunjukkan situasi angin kencang disertai dengan hujan es di Surabaya. Salah satu es yang diperlihatkan oleh si perekam bahkan memiliki ukuran cukup besar. 

    @jazzlicia First time ngerasain hujan es? #hujanesbatu #hujanes ♬ original sound - ???

    Karena itu, tetap hati-hati ya, Kawula Muda! 

    Editor Team

    COMMENT