Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 02 2021

    Ingin Turunkan Emisi Gas, Pemerintah Targetkan Produksi Motor Listrik Tembus 20 Persen pada 2025

    Lo udah siap beralih ke kendaraan listrik, belom, Kawula Muda?

    Presiden Jokowi saat mencoba motor listrik GESITS buatan Indonesia pada 2018 lalu. (PT Gesits)

    Pemerintah menargetkan agar produksi motor listrik dalam negeri mencapai 20 persen dari total produksi motor nasional pada 2025. Menurut Dirjen ILMATE Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Taufiek Bawazier, target ini dibuat dalam rangka menyukseskan program pemerintah untuk menekan emisi gas rumah kaca.

    “(Target dipasang) dengan harapan dapat mendukung pencapaian program pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca sebanyak 22 persen pada 2030,” ungkap Taufiek Bawazier seperti dikutip dari Kompas.com.

    Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga mengungkapkan bahwa pemerintah tengah berupaya mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Mengutip Okezone, pihaknya bahkan menargetkan Indonesia memiliki sedikitnya dua juta unit sepeda motor listrik pada 2025.

    Menurut Taufiek, pemerintah saat ini bersungguh-sungguh menggerakkan industri motor listrik nasional. Pemerintah bahkan mengeluarkan sejumlah fasilitas dalam hal perpajakan sehingga dapat dimanfaatkan oleh perusahaan manufaktur.

    Dilansir dari Kompas.com, pemerintah juga kabarnya telah memberi insentif untuk mendukung pertumbuhan pasar kendaraan listrik nasional, baik dalam lingkup daerah, pusat, maupun BUMN.

    Lebih lanjut, Taufiek mengungkapkan bahwa hingga kini, telah terdapat 15 perusahaan industri motor listrik di dalam negeri, dengan kapasitas produksi mencapai 877.000 unit setiap tahun dan jumlah tenaga kerja 1.400 orang.

    Pemerintah berharap agar segenap pelaku industri di bidang otomotif dapat turut menyukseskan target ini dan membantu mempercepat tren penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

    Kawula Muda, kalian pengin juga punya motor listrik? Dengerin dan tunggu kejutan dari Prambors ya!

    Editor Team

    COMMENT