Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 13 2022

    Ini Alasan Hari Pendidikan Nasional 2022 Baru Diperingati pada 13 Mei!

    Lo udah upacara hari ini belom, Kawula Muda?

    Ilustrasi upacara bendera (UNSPLASH/Mufid Majnun)

    Jika di tahun-tahun sebelumnya Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap 2 Mei, tahun ini berbeda Kawula Muda!

    Dalam pedoman Kemendikbud Ristek, dituliskan pelaksanaan upacara dalam rangka peringatan Hardiknas akan dilaksanakan pada Jumat, 13 Mei 2022 pukul 08.00. 

    Rupanya, hal itu dikarenakan tanggal 2 Mei 2022 lalu bertepatan dengan hari raya Idulfitri 1443 H yang juga merupakan hari libur Nasional.

    Adapun sekolah diperbolehkan melaksanakan upacara secara tatap muka apabila berlokasi di wilayah PPKM 1 dan 2. Sementara itu, untuk sekolah di wilayah PPKM level 3 tetap diimbau untuk melakukan upacara via siaran langsung. 

    Youtube Kemendikbud RI dan beberapa saluran TV edukasi memang melakukan siaran langsung upacara bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun ini. 

    Sejarah Hari Pendidikan Nasional

    KI HAJAR DEWANTARATokoh Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara. (TWITTER)

     

    Hardiknas diperingati sesuai dengan tanggal lahir Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional. Gelar tersebut diberikan kepadanya dikarenakan peran Ki Hajar Dewantara untuk memberi pendidikan bagi kaum pribumi pada masa penjajahan Belanda. 

    Sebelumnya, Ki Hajar Dewantara diketahui mengenyam pendidikan di STOVIA dan bekerja sebagai seorang wartawan. Beberapa kursi media surat kabar yang sempat ia duduki adalah De Express, Utusan Hindia, hingga Kaum Muda. 

    Lewat profesinya itu, ia juga beberapa kali mengkritik kebijakan pemerintah Hindia Belanda, terutama terkait ketimpangan pendidikan. Hal itu dikarenakan hanya anak-anak Belanda dan kaum priayi yang boleh mengenyam bangku pendidikan. 

    Setelahnya, ia merupakan salah satu pelopor lembaga Taman Siswa. Lembaga tersebutlah yang seolah menjadi ‘sekolah pertama’ bagi kaum pribumi tanpa memandang status. 

    Ki Hajar Dewantara wafat pada usia 70 tahun pada 26 April 1959. Berkat jasa-jasanya memajukan pendidikan Indonesia, ia dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia pada 28 November 1959. Sejak saat itulah, tanggal 2 Mei yang juga merupakan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. 

    Editor Team

    COMMENT