Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jul 08 2022

    Ini Kronologi Mantan Perdana Menteri Jepang Ditembak saat Pidato

    Sampai saat ini masih dirawat di rumah sakit, Kawula Muda!

    Mantan Perdana Menteri Shinzo Abe ditembak saat berpidato di acara kampanye ,Jumat (08/07/2022). (REUTERS/KYODO)


    Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, diketahui mengalami insiden penembakan saat memberi pidato pada acara kampanye di wilayah Nara, Jumat (08/07/2022). 

    Diketahui, Abe tiba di Nara untuk memberikan pidato kampanye untuk mendukung kandidat Partai Demokrat Liberal (LDP). Adapun hal tersebut menjelang pemilihan Majelis Tinggi yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (09/07/2022). 

    Shinzo AbeMantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. (REUTERS/PASYA/AFLO)

     

    Terjadi Pada Pagi Hari

    Menurut laporan dari berbagai sumber, disebutkan Abe tengah menyampaikan pidatonya pada pukul 11.30 waktu setempat. Namun, saat itu, seorang pria datang dari belakang Abe dan melepas tembakan.

    “Pada saat penyerangan, reporter Kyodo News yang sedang mewawancarai mendengar suara seperti dua tembakan,” lapor sebuah media lokal Jepang, Niigata Nippo, mengutip Liputan6 pada Jumat (08/07/2022)

    Terjadi Dua Tembakan

    Menurut saksi mata sekitar, pelaku penembakan melepaskan dua rentetan tembakan. Pada tembakan pertama, diceritakan suara tembakan tersebut terdengar seperti mainan. Shinzo Abe pun belum terjatuh. 

    Namun, pada suara tembakan kedua, saksi mengaku melihat percikan dan asap. Pada saat yang sama, mantan perdana menteri Jepang tersebut juga telah tidak sadarkan diri dan alami pendarahan.

    Segera Dibawa ke Rumah Sakit

    NHK TV, salah satu saluran televisi di Jepang, melaporkan bahwa Abe telah dipindahkan ke Universitas Kedokteran Nara. Sebelumnya, sesaat setelah terjatuh, Abe dilaporkan mengalami henti jantung dan pendarahan di dekat dada,

    Tersangka Telah Ditangkap

    Kepala Sekretariat Kabinet, Hirokazu Matsuno, mengatakan kepada wartawan bahwa pelaku penembakan telah ditangkap. Menurut berita yang beredar, Tetsuya Yamagami, pria berusia 41 tahun, sengaja menembak Shinzo Abe karena tidak puas dengan mantan PM Jepang tersebut. 

    Pemerintah Jepang Bentuk Satuan Tugas

    Pemerintah Jepang menyatakan telah membentuk satuan tugas untuk mengusut insiden tersebut. Selain itu, juru bicara pemerintah juga diharapkan dapat segera angkat suara untuk memberikan konfirmasi lebih lanjut terkait insiden tersebut. 

    Shinzo Abe Dinyatakan Meninggal

    Setelah dilarikan ke rumah sakit dan dinyatakan henti jantung, Shinzo Abe dipastikan meninggal pada usia 67 tahun.

    Selamat Jalan Shinzo Abe. Jasamu selalu dikenang.

    Editor Team

    COMMENT