Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 26 2021

    Jangan Sampai Telat! Hari Ini Terakhir Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

    Hai Kawula Muda, ayo buruan daftar sebelum telat!

    Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 akan ditutup hari ini, Jumat (26/2/2021). (INSTAGRAM/KARTU PRAKERJA)

    Setelah resmi dibuka pada Selasa (23/2/2021) oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, program Kartu Prakerja gelombang 12 akan berakhir atau ditutup hari ini, Jumat (26/2/2021).

    Meski telah diumumkan hari ini adalah terakhir, tidak ada informasi pukul berapa pendaftaran akan ditutup. Bagi yang belum mendaftarkan diri, bisa melakukannya melalui laman resmi Prakerja www.prakerja.go.id.

    Setelah pendaftaran ditutup, pengelola Kartu Prakerja baru akan memulai proses seleksi. Untuk Kartu Prakerja gelombang 12, kuota terbuka bagi 600.000 orang dengan total bantuan yang akan diterima adalah Rp 3.550.000.

    Seleksi Kartu Prakerja dilakukan tidak berdasarkan siapa yang leblih dahulu mendaftar, namun melalui proses andomisasi yang baru dilakukan setelah penutupan gelombang.

    Cara daftar

    Langkah pertama yang harus dilakukan agar bisa menjadi peserta Kartu Pekerja gelombang 12 adalah dengan mendaftar dan membuat akun Prakerja.

    Berikut ini langkah-langkahnya.

    • Buka laman https://www.prakerja.go.id/ lalu klik “Buat Akun”
    • Isi alamat email, bikin password yang trediri minimal 6 karakter, dan konfirmasi password (ketik ulang password)
    • Jangan lupa centang pernyataan di bawahnya, kemudian klik “Buat Akun”
    • Setelah itu, pendaftar akan menerima notifikasi via email
    • Selanjutnya, buka email notifikasi dan lakukan verifikasi dengan klik tautan di dalamnya
    • Pendaftaran selesai dan akan mendapat notifikasi, “Selamat, Anda telah berhasil membuat akun Prakerja”.

    Bagi yang sudah memiliki akun Prakerja, langkah yang harus diikuti adalah “Login” di laman https://www.prakerja.go.id/.

    Setelah memiliki akun Prakerja dan sudah Login, maka langkah berikutnya adalah sebagai berikut.

    • Masukkan email dan password akun yang sudah didaftarkan, lalu klik “Login”.
    • Kemudian, verifikasi KTP dengan mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik “Berikutnya”, jika ada yang tidak tepat, pendaftar akan diminta mengisi lagi
    • Lengkapi data diri dan unggah foto KTP. Di bagian ini data yang diisi adalah alamat email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamt tinggal saat ini, jenis kelamin, Pendidikan terakhir yang ditamatkan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan yang ingin diikuti
    • Selain itu, di bagian kanan bawah ada tempat untuk mengupload KTP. Setelah itu, klik kotak di kiri bawah yang berbunyi, “Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya.” Lalu, klik “Lanjutkan”
    • Setelah itu, verifikasi nomor handphone, lalu pendaftar akan dikirimi SMS berisi kode OTP lewat nomor yang sudah didaftarkan, lalu klik “Kirim”
    • Kemudian, isi pernyataan pendaftar. Terdapat pernyataan seperti “Apakah saat ini Anda menganggur?”. Isi semua sampai selesai, lalu klik “Oke”

    Gagal unggah foto KTP?

    Jika dalam proses pendaftaran mengalami kesulitan atau gagal unggah foto KTP, hal itu kemungkinan karena ada beberapa hal yang menyebabannya.

    Salah satunya, jika foto KTP tidak terdeteksi, kemungkinan KTP yang difoto bukan e-KTP. Kemungkinan lainnya, fotonya buram atau blur sehingga tidak terbaca oleh sistem.

    Namun, untuk hal ini pengelola Prakerja menyatakan, para pendaftar seharusnya sudah tidak lagi mengalami persoalan terkait sistem saat melakukan proses registrasi Kartu Prakerja Gelombang 12.

    Bagi kalian yang masih kesulitan, silakan hubungi nomor Layanan Masyarakat Prakerja yang telah diperbarui, yakni di nomor 0800-150-3001 (Senin-Minggu, pukul 08.00-20.00 WIB).

    Masyarakt juga bisa menyampaikan kendala atau pertanyaan melalui Fitur live chat di laman www.prakerja.go.id dan email ke info@prakerja.go.id.

    Selamat mencoba!

    Editor Team

    COMMENT