Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 02 2021

    Jepang Kirim Robot Penjelajah Bulan pada 2022

    Kawula Muda, penasaran gak sih di Bulan ada apa aja?

    Ilustrasi Bulan (unsplash.com/@dougwalters)

    Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) secara resmi mengumumkan akan mengirim robot transformator sebesar bola ke Bulan untuk misi menjelajahi bulan. JAXA berkolaborasi dengan Sony, Doshisha University, dan pembuat mainan Tomy untuk mengembangkan robot ini. 

    Robot tersebut akan tiba di Bulan dibantu oleh perusahan luar angkasa ispace yang akan membawa mesin tersebut mendarat di permukaan Bulan. Ketika sampai di permukaan, robot dengan bobot 0.25 kilogram ini akan berubah bentuk sehingga lebih mudah untuk merekam gambar permukaan Bulan. 

    Robot ini dikirim terlebih dahulu ke Bulan dengan tujuan untuk mempelajari tanah di Bulan sebelum mengirimkan para penjelajah berawak pada 2029. 

    Dalam siaran pers ispace mengatakan, “Data yang akan diperoleh oleh ispace dimaksudkan untuk meningkatkan akurasi desain dan operasi otomatis serta teknologi penggerak untuk penjelajah, yang saat ini sedang diteliti di JAXA.”

    Jika misi ini berhasil maka Jepang akan bergabung dalam satu klub eksklusif berisi 3 negara yang sudah pernah mendaratkan pesawat ruang angkasa pada permukaan Bulan yaitu Amerika Serikat, China, dan Uni Soviet.

    Robot yang sudah dikembangkan sejak 2016 ini dijadwalkan akan meluncur dan mendarat di Bulan pada 2022, namun belum ditetapkan secara pasti tanggal peluncurannya. 

    Editor Team

    COMMENT