Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 15 2021

    Jualan Bubur Ayam di Bandung, Ghufron Lana Bagikan 2.500 Porsi Secara Gratis untuk Warga yang Isoman

    Kawula Muda, terharu banget, ternyata masih banyak orang baik di dunia ya!

    Ghufron Lana, pemilik Bubur Ayam Alan Jaya. (Dok. ISTIMEWA)

    Salah satu penjual bubur ayam di Bandung mengambil langkah yang sederhana namun sangat membantu orang banyak di tengah merebaknya wabah Covid-19.

    Nama pria itu adalah Ghufron Lana. Melansir dari kumparan.com, Ghufron tergerak hatinya untuk membagikan bubur ayamnya secara gratis untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena terinfeksi Covid-19. Hal ini ia lakukan sebagai bentuk syukurnya karena usahanya masih berjalan lancar, serta belum pernah terkena Covid-19 selama pandemi.

    Awalnya, ia hanya membagikan kepada warga yang jarak tempat tinggalnya maksimal 2 kilometer dari rumahnya. Namun, tak disangka rupanya pesan broadcast yang ia bagikan di WhatsApp tersebar ke warga-warga yang jaraknya mencapai 10 km dari rumah Ghufron.

    Tak hanya itu, Ghufron juga ikut membagikan pesan berantai itu melalui akun Instagram bubur ayamnya, @buburalanjaya.


    "Karena niat untuk membantu warga kampung dan sekitar saya yang sedang isoman, mereka pasti kebingungan mencari makan, apalagi sekitar saya ini warga menengah ke bawah," ungkap Ghufron kepada kumparan pada Selasa (13/7/2021).

    Ghufron diketahui mulai membagikan bubur ayam dagangannya sejak Kamis (8/7/2021) dan hanya mendapatkan 10 permintaan yang diterimanya.

    Keesokan harinya, Ghufron pun kaget lantaran tiba-tiba pesanannya membludak hingga 500 permintaan. Ia pun memutuskan untuk memakai uang tabungan miliknya, meskipun ia dan istri berencana memakai uang itu untuk membayar DP rumahnya.

    Meskipun begitu, Ghufron mengaku sangat puas karena bisa membantu warga yang isoman. Selain itu, Ghufron pun akhirnya melibatkan ojol-ojol untuk mengantarkan bubur ayam langsung kepada rumah pasien.

    Dalam rangka membantu ojol, Ghufron mengatakan bahwa warga yang isoman bisa membayar ongkos kirim seikhlasnya. Jika ada kekurangan pun Ghufron siap untuk turun tangan.

    ghufron lana bubur ayam alan jayaWarga sekitar bantu donasi untuk Ghufron Lana. (Dok. ISTIMEWA)

    Melihat semakin banyaknya permintaan, dan tersebarnya pesan berantai tersebut, tak sedikit juga warga yang berdatangan dan bantu berdonasi.

    Aksi kebaikan Ghufron ini pun sampai di telinga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Kang Emil pun turut menyumbangkan beras sebanyak 100 kg. Hal itu disampaikan langsung oleh Ghufron.

    "Kemaren SP (Sekretaris Pribadi) nya datang ke sini, hari Jumat sore, kami mau mengajukan sesuai kebutuhan memenuhi 300 pasien isoman, kira-kira butuh 3 juta, tapi ya sampai sekarang masih belum terealisasi. Baru dikirim beras 100 kg, tapi saya paham betul situasi ini tidak mudah jadi saya tidak terlalu berharap," ucapnya kepada kumparan

    Hingga Selasa (13/7/2021), tercatat setidaknya 2.500 porsi bubur ayam sudah dibagikan Ghufron untuk warga yang isoman. Rupanya, ini juga bukan kali pertama Ghufron membantu warga. Pria yang rupanya ketua RT 1 RW 4 Kelurahan Babakan itu sempat berkontribusi dengan ibu-ibu majelis taklim untuk membantu kebutuhan warga yang terdampak Covid-19 saat isolasi mandir, Kawula Muda.

    Editor Team

    COMMENT