Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 16 2021

    Kedatangan TKA China ke Indonesia Saat PPKM Tuai Kritikan, Ini Penjelasan Dubes China!

    Kawula Muda, nantinya ke-20 TKA ini akan bekerja di PT Huadi Nickel Alloy.

    TKA China yang datang ke Indonesia (detikFinance)

    Kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) China ke Bantaeng, Sulawesi Selatan saat kasus virus Corona di Indonesia tengah melonjak menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat.

    Pemerintah China pun akhirnya membuka suara terkait masuknya uluhan TKA asal Tiongkok ke Indonesia.

    Minister Counsellor pada Kedutaan Besar China untuk Indonesia, Shi Ziming, menyatakan bahwa para tenaga kerja yang datang ke Indonesia telah memenuhi persyaratan maupun peraturan yang ditetapkan pemerintah Indonesia.

    Shi Ziming juga menambahkan bahwa situasi pandemi di China sudah terkendali secara efektif. 

    “Sebagaimana yang kami ketahui bahwa saat ini pemerintah Indonesia masih memperbolehkan warga negara asing memasuki Indonesia dan belum juga menangguhkan penerbangan internasional, serta penerbitan visa gara-gara lonjakan kasus Covid-19,” jelas Shi Ziming dalam konferensi pers virtual, dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (15/7/2021).

    Selain itu, Shi juga menjelaskan bahwa warga negara Tiongkok yang diperbolehkan masuk Indonesia telah memiliki visa, sertifikasi hasil negatif tes PCR, dan kartu vaksin Covid lengkap. Mereka juga sudah menjalani isolasi mandiri.

    “Ini sepenuhnya sesuai dengan aturan terbaru pemerintah Indonesia terkait dengan perjalanan warga negara asing ke Indonesia,” ujar Shi lagi.

    Shi menambahkan bahwa kedatangan warga negara Tiongkok ke Indonesia ini sebagai bentuk kerja sama dalam bidang ekonomi dan perdagangan. Kerja sama ini juga akan membawa pertukaran personel antar kedua negara.

    Sebagai informasi, China telah menjadi mitra dagang terbesar bagi Indonesia selama delapan tahun. Bahkan sumber investasi langsung asing yang terbesar kedua bagi Indonesia selama dua tahun.

    “Sebagian besar karyawan perusahaan Tiongkok yang ditugaskan ke Indonesia merupakan tenaga teknik profesional. Tugas utamanya adalah menyelesaikan masalah teknis yang profesional dalam pembangunan proyek di mana proyek yang dikerjakan ini berdampak positif terhadap perkembangan ekonomi Indonesia,” jelas Shi.

    Terdapat 20 TKA China datang ke Indonesia untuk bekerja di PT Huadi Nickel Alloy. Kedatangan ini pun akhirnya menuai kontroversi terlebih saat ini Indonesia tengah menerapkan kebijakan PPKM Darurat akibat lonjakan kasus Covid-19.

    Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander K Ginting mengatakan bahwa 20 TKA asal China itu merupakan pekerja sektor esensial industri. Pertimbangan lainnya adalah faktor keuangan, diplomasi, dan keadaan darurat.

    Editor Team

    COMMENT