Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Oct 24 2022

    Kembali Teratas, Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Paling Dermawan Lima Tahun Berturut-Turut!

    Hai Kawula Muda, kalian termasuk salah satunya dong!

    Ilustrasi berbagi kasih/kebaikan. (FREEPIK)


    Menjadi dermawan adalah tindakan yang mulia, apalagi di tengah kondisi seperti saat ini dan beberapa waktu belakangan. Dan ternyata, masyarakat Indonesia berhasil menunjukkan aksi kedermawanan itu.

    Terbukti, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia versi World Giving Index (WGI) 2022 yang dikeluarkan oleh Charities Aid Foundation (CAF).

    Tidak main-main, dengan gelar dermawan tahun ini berarti Indonesia sudah memegang gelar tersebut selama lima tahun berturut-turut.

    Laporan CAF yang dirilis pada Jumat (21/10/2022) itu mengukuhkan Indonesia di posisi pertama dengan skor 68 persen.

    Menurut laporan tersebut, Indonesia menempati dua peringkat teratas dari tiga kategori, yakni menyumbang uang, menyumbang pada orang asing atau tidak dikenal, dan partisipasi dalam kegiatan kerelawanan atau volunteerism.

    SEDEKAHIlustrasi sedekah atau memberi kepada yang membutuhkan. (FREEPIK)

      

    Jauh di atas skor global

    Hasil penelitian CAF juga menunjukkan bahwa 84 persen orang Indonesia menyumbang uang pada 2021, jauh lebih tinggi dari skor rata-rata global, yang sebesar 35 persen.

    Persentase warga Indonesia yang berpartisipasi dalam kegiatan kerelawanan juga tinggi, yakni 63 persen, hampir tiga kali lebih besar dari angka rata-rata global, yang sebesar 23 persen.

    Salah satu faktor Indonesia berhasil menjadi negara paling dermawan adalah zakat. Di Indonesia, ada seruan dari pemimpin agama agar orang-orang menyalurkan zakat untuk membantu orang-orang di komunitas mereka yang mengalami kesulitan akibat dari keterpurukan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi.

    Selain itu, semangat gotong royong yang sering digaungkan di Tanah Air mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan sukarelawan.

    Yang menarik, 4 posisi teratas dari negara paling dermawan di dunia bukan diduduki oleh negara kaya. Berturut-turut posisi kedua sampai keempat setelah Indonesia diduduki oleh Kenya, Nigeria, dan Myanmar.

    Mungkin kepekaan kita terhadap sesama semakin muncul ketika kita bisa turut merasakan kesulitan mereka ya. Tetap semangat jadi orang baik ya Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT