Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Mar 21 2022

    Kementerian Pertanian dan Ganjar Pranowo Dorong Kampanye Setop Makan Daging Anjing

    Karena bahaya buat kesehatan, Kawula Muda!

    Jawa Tengah menerima penghargaan dari Koalisi Dog Meat-Free Indonesia (DMFI) pada Kamis (17/03/2022). (DOK.JATENGPROV)


    Kementerian perhutanan (Kementan) dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendorong kampanye agar masyarakat setop mengonsumsi daging anjing. Kampanye tersebut pun ditekankan pada acara pemberian penghargaan dari Koalisi Gog Meet-Free Indonesia (DMFI) di Hotel Tentrem, Semarang.

    “Sebenarnya yang kita katakan aturan jelas sekali, daging anjing bukan pangan. Dan cenderung anjing ini sebelum dipotong dilakukan penyiksaan. Sementara dengan penyiksaan melanggar kesejahteraan hewan," tutur Direktur Kesehatan Veteriner Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Syamsul Ma’ari dalam acara tersebut dikutip dari Detik. 

    via GIPHY

    Ia turut menyebut isu konsumsi daging anjing telah menjadi isu internasional. Hal itu dikarenakan konsumsi daging anjing dapat menimbulkan potensi penyakit menular dari anjing ke manusia. 

    Syamsul turut menyebut adapila penyiksaan anjing tersebut dibiarkan, bisa-bisa saja Indonesia mendapat pengaruh negatif hingga sanksi dari negara-negara yang mendukung gerakan bebas daging anjing tersebut. 

    Ganjar pun menyebut beberapa manfaat lain dari anjing untuk manusia. "Hentikan makan daging anjing. Kita dorong anjing pada fungsi-fungsi yang bisa dilakukan, seperti K9 (anjing pelacak kepolisian), terus mereka bisa lucu-lucuan, jaga kebun, jaga rumah. Itu menurut saya jauh lebih penting," turut Ganjar Pranowo dikutip dari Kompas.

    Ganjar PranowoGanjar Pranowo beri pidato saat menerima penghargaan dari Koalisi Dog Meat-Free Indonesia (DMFI), di Hotel Tentrem, Kamis (17/3/2022). (DOK. JATENGPROV)

     

    Adapun beberapa kabupaten di Jawa Tengah memang telah melarang konsumsi daging anjing. Misalnya saja di Karanganyar, Sukoharjo, Kota Salatiga, serta Kota Semarang. 

    "Saya minta kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah, yuk berhenti makan daging anjing. Yang jualan daging anjing, sengsu, jamu, atau apa pun istilahnya itu tolong hentikan. Ganti nanti dengan daging yang lain. Kita siap membantu untuk mentransformasikan itu. Maka saya minta polanya bukan saja genjot hukuman tapi yuk kita edukasi bersama," tegas Ganjar di kesempatan yang sama.

    Editor Team

    COMMENT