Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 18 2021

    Kenakan Baju Adat Baduy, Jokowi Jadi Presiden Pertama yang Pakai Sandal saat Pidato Kenegaraan

    Kawula Muda, memang keren, ya baju adat Baduy ini!

    Presiden Jokowi mengenakan baju adat Baduy (instagram/jokowi)

    Presiden Jokowi kembali menarik perhatian masyarakat pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dengan mengenakan baju adat Baduy lengkap dengan atribut seperti ikat kepala, tas, dan sandal. 

    Ini merupakan pertama kalinya Jokowi memakai sandal di acara kenegaraan. Sandal berwarna hitam yang Jokowi gunakan memiliki warna senada dengan baju dan celananya. 

    Lewat pidato kenegaraan di Gedung Nusantara, Jokowi menjelaskan bahwa ia menyukai desain dari pakaian adat Suku Baduy yang sederhana dan nyaman dipakai.

    “Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat Suku Baduy. Saya suka karena desainnya yang sederhana, simpel, dan juga nyaman dipakai,” jelas Jokowi pada Senin (16/08/2021).

    Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Adat Masyarakat Baduy yang telah menyiapkan baju adat untuknya.


    “Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Jaro Saijah, Ketua Adat Masyarakat Baduy, yang telah menyiapkan baju adat ini,” ujar Jokowi.

    Dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI hampir setiap tahun Jokowi mengenakan baju adat dari berbagai suku. Sebelumnya, pada 2017, Jokowi pernah memakai baju adat Bugis. Sementara itu, Jokowi juga pernah mengenakan baju adat suku Sasak dari NTB di 2019 dan tahun lalu ia memakai baju adat Sabu dari NTT. 

    Jokowi biasanya menggunakan setelan jas lengkap dengan sepatu pantofel untuk menghadiri kegiatan kenegaraan. Tercatat bahwa para presiden sebelumnya pun menggunakan pantofel dan setelan jas di setiap agenda kenegaraan.

    Ini menjadikan Jokowi sebagai presiden pertama yang memakai sandal saat menyampaikan pidato kenegaraan.

    Editor Team

    COMMENT