Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Apr 30 2022

    Kenapa Dash Cam Pada Mobil Sangat Diperlukan? Ini Alasan dan Jawabannya

    Hai Kawula Muda, kaliah sudah pasang dash cam belum nih?

    Ilustrasi dash cam pada mobil. (FREEPIK)

    Maraknya kejadian yang tidak diinginkan saat kita mengendari mobil, menjadi salah satu alasan mengapa orang kini mulai melirik keberadaan dash cam.

    Dash cam adalah salah satu aksesori mobil berupa kamera kecil yang dipasang di kaca depan mobil. Perangkat ini mampu merekam segala sesuatu di depan mobil. Bahkan pada dash cam yang lebih canggih dapat melihat segala sesuatu yang ada di belakang pengemudi.

    Setidaknya ada 5 alasan kenapa kita perlu memasang dash cam pada mobil kita. Berikut 5 alasan tersebut.

    1. Menjadi CCTV 

    Dash cam dapat merekam semua kejadian saat mobil kita tinggalkan di tempat parkir, kamera pada dasbor akan melakukan perekaman darurat dan mengunci file video.

    Tentunya hal seperti ini akan sangat membantu kita dalam mengawasi kendaraan, terutama ketika mobil sedang terparkir di tempat-tempat yang tidak memiliki perangkat CCTV.

    DASH CAMDash cam di bagian belakang mobil. (FREEPIK)

     

    2. Membantu saat parkir mundur

    Dash cam memiliki fitur mode parkir yang dapat mendeteksi insiden atau gerakan apapun sewaktu kita melakukan parkir.

    Termasuk untuk posisi-posisi yang sulit terlihat oleh pengemudi, seperti posisi bagian belakang mobil saat kita parkir mundur.

    3. Merekam gambar dan suara selama perjalanan

    Kamera pada dash cam dirancang untuk merekam suara dan gambar selama kita mengemudi maupun parkir. Dengan adanya rekaman suara dan gambar ini, kita bisa memiliki detil yang lengkap dari perjalanan kita, yang tidak hanya bermanfaat untuk menyimpan hal-hal baik, tetapi juga untuk menyimpan hal-hal yang perlu diwaspadai.

    4. Jadi bukti untuk tindak kejahatan 

    Bila tanpa disengaja kamera dash cam kita merekam tindak kejahatan saat kita melintas atau sedang parkir, maka hasil rekaman dari dash cam kita itu bisa dijadikan bukti untuk menangkap pelaku kejahatan.

    5. Jadi bukti pelengkap untuk klaim asuransi

    Bila sesuatu yang buruk terjadi pada kendaraan kita, seperti kecelakaan, bencana alam ataupun akibat lainnya yang ditanggung oleh asuransi yang kita miliki, maka dash cam dapat menjadi bukti pelengkap pada pihak asuransi untuk mempermudah dan mempercepat proses klaim asuransi kita.

    Bagaimana, apakah kelima alasan di atas sudah cukup untuk mempertimbangkan memasang dash cam?

    Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, maka ada baiknya berjaga-jaga dahulu sebelum terjadi masalah.

    Editor Team

    COMMENT