Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 09 2020

    Kilas Balik Hari Olahraga Nasional (Haornas)

    Kawula Muda, kali ini Prambors mau kasih tahu asal-usul dari Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ya.

    Pagelaran Asian Games 2018. (INSTAGRAM/ASIAN GAMES 2018)

    Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September. Sejak dicetuskan hingga hari ini, Indonesia sudah 37 tahun memperingati momen tersebut.

    Tanggal tersebut merupakan kali pertama Pekan Olahraga Nasional (PON) diadakan. Surakarta, Jawa Tengah, terpilih menjadi tuan rumah PON pertama, yaitu pada 1948.  Kurang lebih 600 atlet mengikuti PON pertama yang menggelar 9 jenis cabang olahraga.

    Kala itu Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) dibantu Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) sedang menyiapkan para atlet terbaik Tanah Air untuk mengikuti Olimpiade musim panas 1948 di London.

    Namun, usaha tersebut menemui banyak hambatan seperti belum diakuinya Indonesia sebagai anggota International Olympic Committee (IOC). Parahnya, sejumlah delegasi dari Tanah Air tidak dapat berangkat karena pemerintah Inggris belum mengakui paspor para atlet tersebut.

    Haornas resmi ditetapkan oleh Presiden RI Kedua, Soeharto. Walaupun PON pertama diresmikan oleh Presiden Soekarno, baru pada 9 September 1983 akhirnya diresmikan sebagai Hari Olahraga Nasional oleh Presiden Soeharto. Sejak saat itu, 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional.

    Hari Olahraga Nasional biasanya diperingati dengan berbagai perayaan di Indonesia. Pada 2019, Haornas diperingati dengan perayaan di berbagai daerah seperti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

    Selain itu, bagi pihak-pihak yang dianggap memberikan kontribusi untuk olahraga nasional akan diberi penghargaan juga oleh Kemenpora.

    Dari tema Haornas 2020, melekat tiga istilah berbahasa Inggris, yakni Sport Science, Sport Tourism, dan Sport Industry. Menteri Olahraga dan Pemuda Zainudin Amali tidak sembarang mengusung tema ini kalau saja tidak disertai dengan semangat yang besar.

    ASIAN GAMESAsian Games 2018 cabor sepatu roda. (INSTAGRAM/ASIAN GAMES 2018)

     

    Kemenpora mengusung tema sport science sebagai tema besar Haornas. Berbagai kegiatan dan lomba secara visual telah diadakan, bahkan acara pra-Haornas sudah digelar sejak 1 Februari 2020.

    Haornas 2020 ini diperingati dengan menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19, yang berpusat di GOR POPKI Cibubur Jakarta. Acara dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual.

    Editor Team