Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jan 18 2023

    Kisah Anak Kecil Kecanduan Baca Buku sampai Enggan Main Lato-lato

    Sambil jalan pun, anak satu ini tetap fokus membaca, Kawula Muda.

    Ilustrasi membaca buku (UNSPLASH)


    Sebuah video viral di media sosial usai memperlihatkan anak yang sedang asyik membaca buku di Mall. Sang Bapak membagikan gambar putranya yang membaca buku di mana pun.

    Pemilik akun Twitter @arddhe, menceritakan kisah liburannya bersama anak. Dia mengaku, anaknya akan mengunjungi tempat buku di tempat tersebut.

    "Tempo hari liburan ke Bali 2 mingguan lebih, udah direncanakan dari kapan tau, udah di list mau ke pantai ini itu ke gunung itu ini, yang dia tanya cuman satu: 'Di bali ada toko buku ga, yah? kalau ga aku mau bawa banyak buku'," tulis Arddhe.

    Bahkan, Arddhe sempat membelikan mainan yang lagi viral lato-lato untuk menggantikan buku yang tidak lepas dari anaknya.

    "Kubelikan dia lato-lato biar ga merepet tiap bentar minta beli buku, cuman dimainin sehari abis tu ga disentuh lagi," katanya.

    "Kubilang 'bisa kamu mainin itu 10 detik, kubelikan buku,' baru semangat lagi dia nyobain main lagi, ampe merah2 tangannya."

    Cerita Arddhe pun mengundang banyak komentar dari warganet. Mereka mengaku mengalami kejadian serupa, di mana anak-anak senang membaca atau membeli buku dibanding membeli mainan.

    Manfaat baca buku sejak dini

    Memberikan dan mengajari anak membaca buku sejak dini adalah cara yang baik, loh Kawula Muda. Membiasakan anak membaca, akan membuat mereka mencari dan membaca buku karena mereka suka.

    Sebenarnya, banyak sekali manfaat untuk anak jika ia sering dibiasakan baca buku. Dilansir dari laman Parenting dan sumber lainnya, Selasa (17/01/2023), berikut manfaat anak baca buku sejak kecil:

    1. Membangun bonding (keakraban) orang tua dan anak

    2. Mengasah keterampilan mendengarkan

    3. Meningkatkan perkembangan kognitif dan bahasa

    4. Meningkatkan IQ anak

    5. Memperkaya kosakata anak

    6. Meningkatkan rentang perhatian anak

    7. Mengembangkan imajinasi dan kreativitas

    8. Merangsang fungsi otak

    9. Menstimulasi perkembangan sosial-emosional

    10. Mengembangkan kemampuan komunikasi

    Siapa nih, yang punya hobi baca buku?

    Editor Team

    COMMENT