Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jul 12 2022

    Kominfo Sadar Banyak Aplikasi Tidak Efisien di Kementerian!

    Jadi ingin dibuat menjadi super app, Kawula Muda!

    Menkominfo Johnny G. Plate. (ANTARA)


    Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate, menilai aplikasi yang dirilis oleh pemerintah sudah terlalu banyak.

    “Di setiap kementerian dan lembaga pemerintah daerah memiliki aplikasi yang berbeda-beda di setiap sub unitnya, sangat tidak efisien,” tutur Johnny pada Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2022, mengutip siaran YouTube pada Selasa (12/07/2022). Secara total, terdapat sekitar 24.400 aplikasi pemerintah dan lembaga. 

    AplikasiIlustrasi aplikasi di ponsel (UNSPLASH/REMI AL-ZAYAT)

     

    Karena itulah, ia mengatakan bahwa Kominfo akan menggabungkan satu aplikasi super alias Supper App. Sebagai awal, aplikasi kementerian dan lembaga tersebut akan dipadamkan satu per satu. Kemudian, akan mulai dialihkan ke Super App tersebut. 

    Adapun direncanakan akan terdapat 8 aplikasi super yang terintegrasi untuk memudahkan komunikasi. 

    “Kalau itu bisa dilakukan, luar biasa untuk kita,” sambung Johnny. 

    Menurutnya, adanya aplikasi super tersebut akan memiliki efisiensi yang tinggi. Selain itu, diharapkan aplikasi tersebut akan menghemat anggaran yang dikeluarkan oleh masing-masing pemerintah dan lembaga. 

    Di sisi lain, pemerintah telah berencana untuk membangun empat pusat data dengan basis government cloud. Hal tersebut pun dinilai akan memudahkan penyatuan data pemerintahan. 

    Adapun keempat pusat data tersebut akan dibangun di Jakarta, Batam, IKN Nusantara, dan Labuan Bajo. “Jadi perlu kita siapkan dengan benar,” tutup Johnny. 

    Editor Team

    COMMENT