Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 24 2021

    Kominfo Tindak Tegas Konten Hoaks Mengenai Vaksin Covid-19

    Kawula Muda, jangan termakan berita hoaks ya!

    (source: istimewa)

    Kementerian Komudan Informatika (Kominfo) menghapus 111 informasi hokas tentang vaskin Covid-19 yang beredar di media sosial. Sebanyak 111 informasi hoaks ini tersebar di Facebook dengan 471 sebaran, Instagram dengan 9 sebaran, Twitter 45 sebaran, YouTube 38 sebaran, dan TikTok 15 sebaran.

    Kominfo beranggapan bahwa informasi hoaks mengenai vaksinasi Covid-19 yang beredar di masyarakat semakin meningkat. Penyebaran informasi hoaks ini akan berdampak serius apabila tidak ditangani.

    Dengan pertimbangan tersebut, Kominfo serta kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah akan menangani informasi hoaks mengenai vaksinasi Covid-19.

    “Hoaks tersebut sudah diturunkan oleh Tim AIS Kominfo,” ujar Koordinator Pengendalian Internet Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Antonius Malau, mengutip dari Antara, Selasa (23/2)

    Kominfo juga menggandeng lembaga kepolisian dan Kementerian Kesehatan untuk  menangani konten hoaks yang beredar.

    Kementerian Kesehatan digandeng untuk memberikan informasi yang valid mengenai vaksin Covid-19 agar Kominfo dapat memberi label untuk konten yang diselidiki yang nantinya akan disebarkan ke berbagai lembaga, termasuk pemerintah daerah, dan memberikan informasi yang valid ke masyarakat.

    Anthonius Malau menilai bahwa peran pemerintah daerah sangatlah penting untuk menyebarkan informasi yang valid dan memberikan klarifikasi terhadap informasi hoaks agar tidak ada lagi warga masyarakat yang menolak vaksin Covid-19.

    Editor Team

    COMMENT