Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Apr 12 2020

    Konser Musik Terdalam di Dunia yiatu 1.800 Meter

    Hai Kawula Muda, band ini berhasil memecahkan rekor dunia dengan menggelar konser musik terdalam di dunia.

    Band Kanada, Shaft Bottom Boys. (INSTAGRAM/JOWI TAYLOR)

    Pernahkah terbayang sebuah konser bisa diselenggarakan di ribuan meter di bawah permukaan tanah? Ternyata, itu bukanlah hal yang tidak mungkin, karena Shaft Bottom Boys band pernah melakukannya.

    Shaft Bottom Boys adalah sebuah band dari Kanada yang belum lama ini melakukan aksi bermusik alias konser mereka dengan cara yang unik.

    Pada 7 Maret 2020, Shaft Bottom Boys tampil membawakan lagu-lagu mereka selama 50 menit di lokasi penambangan Vale's Creighton mine kota Sudbury Ontario, Kanada. Tepatnya di kedalaman 1.893,8 meter di bawah permukaan laut. 

    Karena dilakukan di dalam sebuah pertambangan dan di kedalaman yang tidak biasa, penonton konser mereka pun adalah para pekerja tambang itu sendiri.

    Selama konser berlangsung, semua operasional tambang dihentikan sementara, agar para pekerja bisa menonton pagelaran musik ini.


    SHAFT BOTTOM BOYS DAN REKOR DUNIABand Kanada, Shaft Bottom Boys, berpose setelah mencatat Guinness World Record untuk konser terdalam. (INSTAGRAM/SIGHT MAGAZINE))

     

    Karena keunikannya tersebut, konser musik yang tidak biasa dari Shaft Bottom Boys pun berhasil memecahkan Guinness World Record sebagai konser musik terdalam di bawah tanah. 

    Shaft Bottom Boys menganggap penghargaan ini sesuai dengan identitas mereka yang memang kerap tampil dengan memakai baju pekerja tambang.

    Steve Atkins selaku vokalis mengatakan, konser itu adalah pencapaian tertinggi dalam hidupnya.

    Saat perjalanan menuju ke dalam bumi, Steve mengakui hal tersebut sangatlah emosional. Karena tidak pernah sekali pun terbayangkan dalam hidupnya akan melakukan perjalanan seperti itu

    Hebatnya lagi, konser ini diadakan bukan hanya untuk memecahkan rekor dunia, tetapi juga untuk menggalang dana. Dana yang terkumpul akan dibagi rata untuk acara Science North's Summer Science Camps dan Miners for Cancer.

    Sistem penggalangan dananya dengan cara uang dibayarkan ke Science North menggunakan cek, lalu akan dikelola dan dibagi hasil dengan Miners for Cancer.

    Meski demikian, konser terdalam tahun 2020 ini bukanlah hal pertama yang pernah mereka lakukan. Pada April 2007, mereka juga pernah melakukan hal serupa, namun hanya sampai kedalaman 3.400 kaki atau sekitar 1.036 meter. 

    Rekor itu lalu tumbang, karena empat bulan setelahnya, yaitu pada Agustus 2007, band heavy metal bernama Agonizer dari Finlandia memecahkah menggelar konser di kedalaman 4.169 kaki 11 inci atau sekitar 1.270 meter.

    Hingga akhirnya, tahun ini rekor menggelar konser terdalam di dunia itu berhasil Shaft Bottom Boys rebut kembali. 

    Editor Team

    COMMENT