Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 12 2022

    Korea Utara Temukan Kasus Covid-19 Pertama saat Dunia Mulai Pulih

    Ini pertama kalinya Korut mengonfirmasi kasus Covid-19, Kawula Muda!

    Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (DW)


    Presiden Korea Utara, Kim Jong-Un memerintahkan lockdown ketat di Korea Utara. Hal itu setelah mereka mengonfirmasi kasus Covid-19 pertama pada Kamis (12/05/2022).

    "Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un menyerukan semua kota dan kabupaten di seluruh negeri benar-benar mengunci wilayah mereka," bunyi laporan kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA dikutip dari CNNIndonesia. 

    Ilustrasi Covid-19Ilustrasi Covid-19. (PIXABAY)

     

    Adapun seluruh kegiatan langsung berhenti di Korea Utara, nilai dari penutupan pabrik hingga rumah-rumah warga. 

    Setelah tiga tahun diklaim berhasil mencegah kasus virus Covid-19, ini pertama kalinya bagi Korea Utara menghadapi pandemi tersebut. Karena itu, mereka menyebutnya sebagai ‘darurat nasional yang parah’. 

    Adapun kasus pertama tersebut ditemukan dari seorang pasien yang demam di Pyongyang. Gejala yang diderita pasien tersebut disebut mirip dengan gejala varian Omicron. 

    Setelah dikonfirmasi, para pejabat negara segera berkumpul dan langsung menerapkan sistem pengendalian virus level maksimum. Hal itu mengingat sangat mudahnya penularan varian terbaru Covid-19 tersebut.

    Sejak awal 2020, Korea Utara telah melakukan pertahanan maksimal agar tidak ada satu pun kasus Covid-19 di negaranya. Saat itu, mereka menutup wilayahnya dari dunia luar. 

    Adapun pada akhir 2020, organisasi kesehatan dunia WHO telah melakukan tes Covid-19 di Korea Utara. Saat itu, hasil tes tersebut adalah 0 kasus Covid-19 dari 13.259 tes di negara tersebut. 

    Namun, sebagai implikasi penutupan wilayah dari dunia luar, Korea Utara sempat menghadapi krisis pangan di sepanjang 2021 hingga 2022. Karena itu, dikhawatirkan Kora Utara akan kewalahan menghadapi Covid-19 apabila virus tersebut tersebar luas. 

    Editor Team

    COMMENT