Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 04 2020

    Lagu Lathi dan #LathiChallenge yang Unik dan Viral

    Hai Kawula Muda, ternyata ini dia musisi tanah air dengan karya unik dan viral, Lathi.

    Perpaduan musik EDM yang kekinian dengan lirik dan instrumen tradisional Jawa membuat lagu Lathi begitu istimewa. (INSTAGRAM)

    Beberapa waktu belakangan, dunia maya tengah ramai memperbincangkan sebuah lagu yang begitu unik, berjudul Lathi

    Lathi adalah single pertama dari grup musik Electonic Dance Music (EDM) Weird Genius, yakni grup musik elektronik yang terdiri dari dua YouTuber, Eka Gustiwana dan Reza “Arap” Oktavian, serta seorang DJ bernama Gerard Liu.

    Sejak rilis pada 28 Februari 2020, Lathi telah ditonton lebih dari 25 juta penonton di channel YouTube dan meraih kesuksesan di Spotify dengan 7 juta streams.

    Liriknya menggunakan dua Bahasa

    Bagi yang baru pertama kali mendengar, umumnya akan mengira kalau Lathi bukan karya musisi Indonesia. Tetapi, saat mendengar lirik berbahasa Jawa di dalamnya, barulah mulai percaya kalau Lathi adalah karya anak negeri. 

    Ternyata kata Lathi diambil dari bahasa Jawa  kuno. Menariknya, Lathi justru bukan lagu yang keseluruhan liriknya menggunakan Bahasa Jawa. Lathi yang berarti ucapan, menggabungkan dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan tentunya bahasa Jawa.

    Dikemas di awal dengan Bahasa Inggris, lirik Bahasa Jawa yang ikut tampil menjadi kejutan dan keunikan dalam lagu ini.  

    Lirik Lathi terinspirasi dari pengalaman personal yang bisa dialami banyak orang, yakni bercerita tentang toxic relationship yang dipenuhi kebohongan dan ego. Proses pembuatan lagu ini terbilang cepat, yakni kurang dalam satu bulan.

    Menggandeng rapper asal Surabaya

    Dalam proyek ini, Weird Genius menggandeng rapper asal Surabaya, Sara Fajira. Alasannya sederhana, karena mereka kurang paham bahasa Jawa. 

    Mereka berempat pun membuat lirik Lathi bersama. Sementara itu, untuk musiknya diseimbangakan antara EDM masa kini dan lirik berbahasa Inggris dengan elemen tradisional dari instrumen maupun bahasa Jawa.

    #LathiChallenge yang viral 

    Seorang beauty vlogger bernama Jharma Bhagwani boleh dikatakan yang membuat lagu Lathi menjadi kian viral. Gadis 17 tahun itu membuat video #LathiChallenge diiringi musik Lathi

    Dalam video viralnya, Jharma tampil seolah tengah me-make over wajahnya, kemudian ia berubah menjadi penari, baik riasan maupun baju yang dikenakan.

    Dilatarbelakangi tata lampu yang cukup artistik, Jharma menari-nari seolah penari pro yang setengah sadar. Lalu menjelang akhir video, tiba-tiba ia berubah menjanji sosok yang menyeramkan. 

    Perpaduan musik serta lirik yang unik dan apik, ditambah video Jharma yang kreatif, memang layak membuat Lathi menjadi viral dan akhirnya tantangannya banyak yang mengikuti, termasuk beberapa dari kalangan selebriti.

    Kabar terbaru, Weird Genius yang ternyata telah terbentuk sejak 2016 ini mendapat tawaran berkolaborasi dari beberapa DJ Internasional.

    Editor Team

    COMMENT