Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 23 2022

    Lapisan Mulai Pulih Jadi Kabar Baik di Hari Ozon Sedunia Tahun Ini

    Hai Kawula Muda, ayo bersama-sama lindungi ozon kita.

    Ilustrasi lingkungan dan lapisan ozon. (FREEPIK)


    Ozon adalah sebuah lapisan di atmosfer pada ketinggian 20-35 km di atas permukaan bumi yang mengandung molekul-molekul yang berguna menyerap pancaran sinar ultraviolet.

    Lapisan ozon kian menipis dan rusak, bencana alam kian merajalela, gunung es di antartika yang mencair, seolah jadi berita sehari-hari beberapa tahun bahkan dekade terakhir.

    Namun, kian mulai pedulinya sebagian dari kita akan lingkungan hidup, akhirnya berita baik pun mulai terjadi.

    Salah satunya adalah kabar tentang mulai pulihnya lapisan ozon bumi ini. Hal itu disampaikan sebagai “kado manis” Hari Ozon Sedunia yang diperingati tiap 16 September.

    Peringatan Hari Ozon Sedunia tersebut diawali ketika 1987 silam 24 negara bertemu di Montreal Kanada, untuk merumuskan satu bahasan untuk melindungi lapisan ozon yang kemudian dikenal sebagai Protokol Montreal.

    Dan pada tahun ini, Hari Ozon Sedunia disambut dengan kabar baik dari United Nations Environment Programme (UNEP) yang menyebut bahwa setelah hampir 99 persen bahan perusak ozon dihapuskan, lapisan ozon mulai berangsur pulih.

    OZONIlustrasi lingkungan dan lapisan ozon. (FREEPIK)

      

    Dalam peringatan Hari Ozon Sedunia kali ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) diwakili Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (Ditjen PPI) menandatangani perjanjian kerja sama dengan sembilan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja.

    Hal tersebut bertujuan untuk mencetak teknisi AC yang kompeten yang menjamin dilakukannya praktik pemeliharaan yang baik (good servicing practices) dan ramah lingkungan karena tidak melepas refrigeran ke lingkungan.

    Dengan momentum Hari Ozon Sedunia ini diharapkan dapat menjadi semangat baru bagi semua untuk terus merefleksikan diri dalam upaya menekan dampak perubahan iklim melalui pengurangan konsumsi HFC.

    Hal itu hanya bisa dilakukan melalui kerja sama lintas sektor sebagaimana yang telah diterapkan dalam penghapusan Kloroflorokarbon (CFC) dan penghapusan Hidrokloroflorokarbon (HCFC) yang sedang berjalan saat ini.

    Ayo Kawula Muda, sama-sama kita lindungi ozon kita!

    Editor Team

    COMMENT