Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 07 2021

    Luncurkan Roket New Shepard, Jeff Bezos Siap Bawa Orang Berwisata ke Luar Angkasa!

    Lo tertarik jalan-jalan ke luar angkasa, nggak, Kawula Muda?

    Roket New Shepard milik Blue Origin. (Blue Origin)

    Blue Origin–perusahaan antariksa milik Jeff Bezos–siap meluncurkan roket New Shepard beserta sistem kapsulnya pada 20 Juli mendatang. Kabarnya, selain memboyong personel perusahaan, Blue Origin akan menyediakan satu kursi untuk dilelang secara online. Pemenang lelang akan diberi kesempatan untuk bergabung dalam peluncuran New Shepard dan berwisata ke luar angkasa.

    Dikutip dari CNN Indonesiadana hasil pelelangan kursi New Shepard akan disumbangkan ke Club for the Future, yayasan di bawah naungan Blue Origin.

    New Shepard memiliki total kapasitas enam penumpang dan akan melakukan penerbangan secara suborbital. Artinya, roket tersebut hanya akan membawa penumpang bergerak naik turun dengan jarak tempuh kurang lebih 100 kilometer. New Shepard akan meluncur di area Texas Barat, lalu mendarat di lokasi yang sama.

    Menurut Blue Origin, New Shepard juga akan memiliki enam jendela observasi yang tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan milik pesawat jet Boeing 747.

    Misi ini merupakan misi pertama Blue Origin untuk melakukan perjalanan wisata ke luar angkasa menggunakan New Shepard. Misi tersebut juga sekaligus menandai era baru bagi komersialisasi perjalanan luar angkasa.

    Setelah perjalanan perdana pada Juli, Blue Origin masih akan melakukan sejumlah perjalanan lagi hingga penghujung 2021. Director of Astronaut and Orbital Sales Blue Origin Ariane Cornell mengungkapkan bahwa pihaknya tak ragu untuk memperbanyak frekuensi perjalanan wisata luar angkasa dan menambah lokasi peluncuran roket.

    Hingga kini, Blue Origin masih enggan mengungkap harga kursi dalam roketnya. Akan tetapi, pada 2018, Reuters sempat melaporkan bahwa Blue Origin akan mematok tarif setidaknya US$200.000 atau setara dengan kurang lebih Rp2,8 miliar untuk satu perjalanan.

    Terdapat pula sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh calon wisatawan luar angkasa, yaitu berusia minimal 18 tahun, memiliki kondisi fisik yang kuat untuk menaiki tujuh anak tangga dalam kurun waktu satu setengah menit, dapat mengencangkan dan melepaskan sabuk pengaman dalam 15 detik,  mampu duduk terikat di kapsul selama satu setengah jam, serta bisa menahan kekuatan 5,5 gravitasi ketika turun.

    Editor Team

    COMMENT