Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 07 2020

    Manfaat Bernyanyi bagi Kesehatan

    Hai Kawula Muda, ada cara mudah dan menyenangkan agar hati dan tubuh kita sehat, yaitu bernyanyi!

    Ilustrasi bernyanyi. (FREEPIK)

    Tak peduli suara kita merdu bak kicauan burung atau fals dan bikin orang lain tutup telinga, bernyanyi ternyata memiliki efek positif yang luar biasa bagi tubuh.

    Menutip dari BBC, Rabu (20/5/2020), Sarah Wilson, seorang neuropsikolog klinis dan kepala School of Psychological Sciences di University of Melbourne mengungkapkan, bahwa saat kita bernyanyi sebagian besar otak kita “menyala” dengan aktif.

    Baishali Mukherjee, seorang terapis dari Federasi Terapi Musik Dunia menambahkan, bernyanyi adalah salah satu bentuk latihan aerobik yang akan melepaskan endorfin atau zat kimia penghasil “rasa enak” di otak.

    “Endorfin terkait dengan perasaan kebahagiaan yang terangkat secara keseluruhan. Itu memberi perasaan euforia sehingga semuanya terkait dengan berkurangnya stres,” jelas Baishali Mukhehrjee.

    Mukhehrjee juga menjelaskan bahwa dalam situasi apa pun, baik itu di bawah tekanan secara fisik atau pun psikis, musik memiliki potensi untuk memengaruhi tubuh dan pikiran kita.

    “Ketika suasana hati Anda naik, Anda memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Anda merespons faktor stres dengan cara lebih positif dan meningkatkan pola tidur,” tuturnya lagi. 

    Melatih pernapasan jadi lebih dalam

    Bernyanyi juga berkaitan dengan mengatur pernapasan. Pernapasan yang pendek akan menurunkan karbon dioksida dalam aliran daran dan memungkinkan terbentuknya banyak gas pada sel-sel.

    Ketidakseimbangan karbon dioksida ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan, pusing dan kecemasan, serta gejala-gejala lainnya.

    Sebaliknya, pernapasan dalam atau diafragma memungkinkan pertukaran oksigen penuh terjadi dalam sel paru-paru. Hal itu dapat mengaktifkan sistem saraf parasimpatis tubuh yang kemudian memperlambat denyut jantung, melebarkan pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah.

    Dalam sebuah studi baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa fokus pada pengendalian laju pernapasan, yang menjadi keterampilan kunci dalam bernyanyi, terbukti dapat mengaktifkan bagian-bagian otak yang terkait dengan emosi, perhatian, dan kesadaran tubuh.

    Jadi, sering-sering bernyanyilah jika ingin hati, pernapasan, dan tubuh menjadi sehat.

    Editor Team

    COMMENT