Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Oct 30 2022

    Memicu Kanker, 19 Produk Sampo Kering Unilever Ditarik di AS. Adakah yang Terdaftar di Indonesia?

    Hai Kawula Muda, ayo dicek lagi sebelum membeli ya.

    Beberapa produk sampo kering unilever yang ditarik dari pasaran di AS. (TWITTER/FDA)

    Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengumumkan adanya penarikan 19 produk Unilever di Amerika Serikat.

    Penarikan produk berjenis sampo kering tersebut terkait adanya potensi peningkatan kadar benzena yang bisa memicu kanker karena bersifat karsinogen pada manusia. 

    Berikut daftar produk Unilever yang ditarik di Amerika Serikat:

    1. Dove Dry Shampoo Volume and Fullness
    2. Dove Dry Shampoo Fresh Coconut
    3. Dove Dry Shampoo Fresh and Floral
    4. Dove Dry Shampoo Ultra Clean
    5. Dove Dry Shampoo Invisible
    6. Dove Dry Shampoo Detox and Purify
    7. Dove Dry Shampoo Clarifying Charcoal
    8. Dove Dry Shampoo Go Active
    9. Nexxus Dry Shampoo Refreshing Mist
    10. Nexxus Inergy Foam Shampoo
    11. Suave Dry Shampoo Hair Refresher
    12. Suave Professionals Dry Shampoo Refresh and Revive
    13. Tresemme Dry Shampoo Volumizing
    14. Tresemme Dry Shampoo Fresh and Clean
    15. Tresemme Pro Pure Dry Shampoo
    16. Bed Head Dirty Secret Dry Shampoo
    17. Bed Head Oh Bee Hive Dry Shampoo
    18. Bed Head Oh Bee Hive Volumizing Dry Shampoo
    19. Bed Head Rockaholic Dirty Secret Dry Shampoo.



    Dari hasil investigasi internal diketahui propelan sebagai penyebab meningkatnya kadar benzena dalam produk-produk Unilever tersebut. Saat ini, Unilever AS telah bekerja sama dengan pemasok propelan untuk mengatasi masalah tersebut.

    Sementara konsumen diminta menghentikan penggunaan dan mengunjungi situs UnileverRecall.com untuk mendapatkan penggantian produk sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

    Tanggapan BPOM Indonesia

    Terkait dengan penarikan produk Unilever di AS, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM, Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si., menegaskan produk-produk tersebut tidak terdaftar di Indonesia.

    "Ini kami sudah memberikan penjelasan, bahwa (produk yang ditarik) tidak terdaftar di Indonesia," kata dia saat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa 25 Oktober 2022.

    Lebih lanjut Reri mengatakan, penjelasan mengenai tidak terdaftarnya produk-produk tersebut di Indonesia, bahkan sudah diumumkan cukup lama dan BPOM juga sudah melakukan pemantauan di pasar.

    Selain itu, pihak Unilever Indonesia memastikan bahwa mereka tidak ada sangkut pautnya dengan penarikan sampo kering yang terjadi di AS.

    "Unilever Indonesia bukan bagian dari penarikan sampo kering ini dan tidak ada produk maupun pasar Unilever lainnya yang terkena dampak dari penarikan ini," jelas Unilever dalam keterangannya.

    SAMPO UNILEVERBeberapa produk sampo kering unilever yang ditarik dari pasaran di AS. (TWITTER/FDA)

     

    Bahaya benzena bagi tubuh

    Benzena adalah salah satu jenis bahan kimia yang tidak memiliki warna atau cairan kuning muda saat berada di dalam suhu ruang. Bahan kimia ini memiliki aroma yang manis namun sangat mudah terbakar.

    Saat terpapar langsung dengan udara, senyawa ini akan mudah menguap. Uap benzena dapat larut dalam air dan mengapung di atas air. Uap ini yang dapat menyebabkan sejumlah gangguan pada kesehatan ketika terpapar secara berulang dalam jumlah yang cukup banyak.

    Saat seseorang terpapar senyawa ini dalam jumlah yang banyak, dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan pada tubuh. Di antaranya bisa menyebabkan sel tidak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

    Senyawa ini juga bisa menyebabkan sumsum tulang tidak dapat memproduksi jumlah sel darah merah sesuai dengan kebutuhan hingga membuat rentan mengalami anemia.

    Selain itu, paparan senyawa ini juga bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Ia akan bekerja dengan mengubah antibodi dalam darah yang menyebabkan hilangnya sel darah putih.

    Terkait dengan kanker, sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Cancer Society mengungkapkan bahwa pengidap kanker darah atau leukimia akibat paparan benzena banyak ditemukan pada orang yang bekerja di dunia industri kimia, pembuatan sepatu, hingga penyulingan minyak.

    Editor Team

    COMMENT