Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Nov 14 2022

    Mengapa Ada Elon Musk hingga Anne Hathaway di Rangkaian G20?

    Terus, apa bedanya juga ya G20 dengan B20, U20, dan lain-lain?

    Elon Musk dan Anne Hathaway jadi pembicara rangkaian G20 Indonesia 2022 (B20 Indonesia)


    Puncak acara G20 (Group of Twenty) Indonesia akan segera digelar di Nusa Dua, Bali pada 14-16 November mendatang. Presidensi G20 Indonesia 2022 mengambil tema "Recover Together, Recover Stronger".

    Sebanyak 20 negara yang datang ke Indonesia untuk menghadiri acara ini di antaranya, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa, serta Spanyol.

    Melalui tema tahun ini, G20 diharapkan bisa menghasilkan langkah-langkah nyata dan terobosan besar untuk mengatasi krisis pangan, energi, dan keuangan global yang terjadi saat ini, serta mempercepat pemulihan bersama dan pulih menjadi kuat dengan masa pandemi Covid-19.

    Melansir dari Keputusan Presiden RI Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022, Senin (14/11/2022), pertemuan G20 meliputi 10 kelompok yang disebut Engagement Group.

    Engagement Group tersebut ialah B20, T20, W30, Y20, L20, SAIU20, P20, C20, U20, dan S20. Mereka akan membahas materi yang berbeda-beda. Bahkan, dihadiri orang-orang yang beda juga, nih Kawula Muda.

    Biar enggak bingung lagi tentang perbedaan G20 dan kelompoknya serta tujuannya mengundang figur publik? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

    Apa peran para figur publik dalam G20?

    MAUDY AYUNDAMaudy Ayunda saat menjadi juru bicara dalam G20 Indonesia 2022 (CNN INDONESIA)

    Enggak cuma pihak-pihak dari pemerintahan yang hadir di G20, beberapa figur publik juga ditunjuk sebagai perwakilan dari acara ini.

    Seperti yang diketahui, Maudy Ayunda telah dipilih sebagai juru bicara untuk Presidensi G20 Indonesia.

    "Guna mendukung penyelenggaraan komunikasi publik Presidensi G20 Indonesia, pada kesempatan ini saya ingin memperkenalkan Saudari Maudy Ayunda sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 Indonesia,” ujar Johny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) pada 31 Maret 2022 lalu.

    Selain Indonesia, turut hadir figur publik dari luar negeri yaitu Anne Hathaway. Aktris asal Hollywood ini dikonfirmasi menjadi salah satu pembicara dalam UN Women Goodwill Ambassador.

    Anne Hathaway akan berbicara dalam forum "Accelerating Economic Transformation and Inclusive Productivity Growth" pada 13-14 November.

    Forum ini merupakan bagian dari B20 Summit Indonesia, yaitu side event dari KTT G20 yang digelar untuk menyuarakan aspirasi komunitas bisnis global kepada para pemimpin G20.

    Elon Musk di G20 BaliElon Musk di G20 Bali (Reuters/Leika Kihara)

     

    Tak hanya itu, CEO Tesla, Elon Musk juga bergabung dalam G20 tahun ini. Walaupun tidak jadi datang secara langsung di Bali, Elon tetap tampil secara virtual pada hari ini, Senin (14/11/2022).

    Dirinya hadir di acara B20 Summit dan berbincang dengan pebisnis Anindya Bakrie terkait isu Twitter, pendidikan, generasi muda, hingga Mars. Bahkan, Elon hadir dengan memakai batik berwarna hijau dari Sulawesi Tengah, loh, Kawula Muda.

    Engagement Group G20

    KTT G20KTT G20 Indonesia 2022 (PAJAK.COM)

    Dilansir dari laman G20pedia, berikut adalah Engagement Group dalam G20 2022:

    1. B20 (Business 20)

    Pertama, ada B20 yaitu sebuah komunitas bisnis internasional, sebagai peran swasta dalam penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat berkelanjutan dan berimbang. Ada pula pembahasan kebijakan dan rekomendasi untuk mencapai ekonomi global yang berkesinambungan.

    2. T20 (THINK 20)

    Pada T20 ini mewadahi lembaga riset dari seluruh dunia. Riset dan proposal kebijakan yang disusun diharapkan dapat berkontribusi dengan isu-isu terkait tata kelola pemerintahan.

    3. W20 (Women 20)

    Forum yang mewakili suara perempuan dengan mendorong pelibatan isu terkait perempuan ke dalam dokumen komitmen G20, nih. Isu pembangunan perempuan, kesetaraan gender, pertumbuhan inklusif, serta kerja sama perempuan di sektor ekonomi internasional, juga dibahas di sini.

    4. L20 (Labour 20)

    L20 adalah forum untuk komunitas bisnis internasional, sebagai peran swasta dalam penggerak pertumbuhan ekonomi yang kuat berkelanjutan dan berimbang.

    5. P20 (Parliamentary 20)

    P20 forum yang dihadiri parliament speakers/perwakilan rakyat (legislatif) dari negara-negara G20. Di sini, mereka akan membicarakan tentang dimensi parlementer ke tata kelola global, serta meningkatkan dukungan politik untuk komitmen internasional.

    6. S20 (Science 20)

    S20 membahas tentang keilmuan terkait peningkatan kesehatan global dengan menggandeng peneliti dan ilmuwan dari seluruh negara G20.

    7. SAI20 (Supreme Audit Institutions 20)

    Forum ini adalah lembaga audit tertinggi negara-negara G20 untuk mempromosikan kerja sama, memperkuat transparansi dan akuntabilitas. Baru hadir di tahun ini, SAI20 langsung diakui oleh G20 dan pembentukannya diinisiasi oleh pihak Indonesia, loh.

    8. U20 (Urban 20)

    U20 menjadi wadah dari pemimpin pemerintah daerah kota-kota U20, untuk melakukan aksi terhadap iklim global dan pembangunan berkelanjutan kepada para pemimpin nasional.

    9. Y20 (Youth 20)

    Y20 adalah wadah konsultasi resmi bagi para pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat saling berdialog. Para pemuda di sini, sebagai perwakilan pemimpin masa depan untuk kesadaran terhadap permasalahan global.

    10. C20 (Civil 20)

    C20 menjadi tempat untuk organisasi masyarakat sipil dari seluruh dunia untuk terlibat dengan para pemerintah di G20, dalam menghadapi isu-isu krusial yang terjadi di dunia.

    C20 bertujuan mendengar suara publik, sehingga menjadikan Pertemuan G20 bersifat lebih inklusif untuk memperoleh dukungan yang lebih luas terhadap kerja sama G20.

    Jadi, lo udah enggak bingung lagi tentang G20, kan?

    Editor Team

    COMMENT