Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Oct 31 2022

    Metaverse IKN “Jagat Nusantara" Diresmikan Joko Widodo, Apa Saja Gunanya?

    Let's go Metaverse!

    Ilustrasi peresmian Jagat Nusantara (instagram/antaranewscom)


    Metaverse lokal buatan tanah air, Ibu Kota Nusantara (IKN) resmi diluncurkan dengan nama Jagat Nusantara. Peresmian Jagat Nusantara oleh Presiden Joko Widodo ini dilaksanakan di Djakarta Theatre pada hari Jumat kemarin tepatnya di tanggal 28 Oktober 2022.

    “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini secara resmi saya luncurkan Jagat Nusantara” ujar Presiden Joko WIdodo dikutip dari CNN pada 28 Oktober 2022.

    Jagat NusantaraIlustrasi Jagat Nusantara (Kompas.com/Suhaeila Bahfein)

     

    Peluncuran Jagat Nusantara ini ditandai dengan penekanan sebuah tombol oleh Jokowi. Setelah tombol tersebut ditekan oleh Jokowi, muncul avatar dari orang nomor 1 Indonesia tersebut melakukan berbagai aktivitas mulai dari berolahraga hingga tampil di konser musik. Dalam meresmikan peluncuran metaverse ini, Jokowi didampingi Bambang Susantono sebagai Kepala Badan Otorita IKN dan Wishnutama Kusubandio sebagai Founding Chairman dari Jagat Nusantara.

    Menurut Wishnutama, metaverse ini merupakan hasil kolaborasi dari berbagai anak nusantara untuk mendukung pembangunan ibu kota negara baru. Ia juga mengatakan bahwa Jagat Nusantara ini bisa dibilang merupakan the next generation of social media yang juga menjadi platform media sosial, e-commerce, dan platform olahraga serta hiburan masa depan. Dilansir dari Kompas, Wishnutama mengatakan bahwa keberadaan dari Jagat Nusantara ini merupakan bentuk kesiapan masyarakat Indonesia menghadapi kehidupan yang terus didominasi teknologi dan digitalisasi.

    “Melalui Jagat Nusantara kita berupaya berkompetisi melalui kreativitas dan inovasi kita coba wujudkan sebuah platform social immersive (lingkup sosial) berbasis web dan mobile yang menghubungkan pengguna dengan dunia virtual," 

    Jagat Nusantara ini sendiri ditujukan untuk memenuhi kebutuhan ekspresi lebih banyak masyarakat Indonesia. Dalam pengembangannya yang dilakukan secara bertahap, Jagat Nusantara akan mengumpulkan berbagai masukan dan menganalisis perilaku in-app dari para penggunanya untuk bisa berinovasi lebih banyak lagi. Pada aplikasinya, pengguna dapat memanfaatkan Jagat untuk mengadakan rapat, pertemuan, nonton film bareng, konser virtual, pertunjukan showcase karya digital, dan lain-lainnya hanya dengan melalui smartphone maupun situs di website

    Wishnutama Kusubandio, yang juga merupakan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mengatakan bahwa Jagat Nusantara nantinya akan dikembangkan sebagai platform ekonomi digital. Menurutnya, platform ini nantinya akan diintegrasikan dengan lahan asli di IKN Nusantara. 

    “Kami juga sedang mempersiapkan platform ini untuk menjadi the next real estate platform untuk IKN melalui tokonisasi lahan. Bayangkan kita memiliki lahan virtual yang mewakili kepemilikan lahan sesungguhnya di IKN” ujarnya.

    Editor Team

    COMMENT