Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Apr 14 2022

    Mudik Lebaran, Arus Tol Jawa akan Diberlakukan Ganjil Genap

    Perhatikan plat kendaraanmu yaa, Kawula Muda!

    aksi.id


    Sistem ganjil genap ternyata berlaku untuk arus mudik Lebaran 2022 nanti. Korps Lalu Lintas (Korlantas) akan menerapkan ganjil genap di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek hingga Kalikangkung, Kota Semarang, Jawa Tengah.

    Adanya kebijakan ini diambil karena diprediksi akan ada 47 persen atau 200 ribu kendaraan yang akan mudik di tahun ini.

    "Untuk penerapannya sama seperti pelaksanaan one way, hanya di jalur one way," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi, dikutip dari Sindo News, Rabu (14/04/2022).

    Menurutnya, pintu masuk dan keluar tol akan diprediksi menjadi titik kemacetan. Maka dari itu, solusinya adalah menerapkan one way dan ganjil genap untuk antisipasi kemacetan panjang.

    Selain itu, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menuturkan, kebijakan ini bisa diterapkan bila contra flow belum mampu mengatasi kepadatan arus lalu lintas.

    "Dibutuhkan management kapasitas jalan yaitu kita akan menambahkan satu jalur berupa contra flow dan one way dari arah Jakarta menuju arah Timur," katanya.

    Untuk pemberian arahan kepada pemudik, nantinya akan ada petugas pada saat kebijakan one way diberlakukan.

    Firman mengimbau kepada pengguna jalan yang akan bergerak ke arah Jakarta untuk menyimak kapan one way akan berakhir, sehingga kebijakan dapat berjalan dengan maksimal.

    "Masyarakat juga bisa menyiapkan diri sebelum berangkat dengan kendaraan yang digunakan berpelat nomor sesuai dengan ganjil dan genap."

    Editor Team

    COMMENT