Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Apr 08 2022

    Mudik Naik Kereta Kini Bisa Bawa Motor Gratis?

    Hai Kawula Muda, siapa nih yang nanti mudik Lebaran bawa motor?

    Ilustrasi mudik lokal (Alinea.ID)


    Setelah terhenti dua tahun larangan Mudik Lebaran, pemerintah kini menyiapkan dengan matang terkait pulang kampung tahun ini. Salah satunya seperti pengangkutan motor gratis untuk pemudik.

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menuturkan, pengangkutan motor di kereta untuk memudahkan para warga yang ingin pulang kampung.

    "Saya menyarankan tersedianya gerbong khusus mengangkut kendaraan, sehingga pemudik yang bawa motor bisa diangkut dengan kereta," katanya melansir dari Detik, Jumat (08/04/2022).

    Nantinya, motor yang diangkut dapat digunakan kembali setelah sampai tujuan. Adanya kebijakan tersebut untuk mengurangi kepadatan di jalan raya dan menghindari kecelakaan pada masa mudik Lebaran.

    Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah penumpang yang naik kereta api mencapai 8 juta. Maka dari itu, pihak KAI diharapkan dapat bekerja sama untuk persiapan tersebut.

    “Kemenhub juga akan mengadakan mudik gratis dengan motor, tapi orangnya bayar kalau naik kereta api. Kalau yang dengan bus disediakan dengan truk, untuk motornya juga gratis,” kata Menhub dikutip dari keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jumat (8/4/2022).

    "Perlu diperhatikan ramp check, inspeksi jalur, membuat posko-posko, menambah dan meningkatkan SDM. Ini merupakan upaya yang baik dan Insya Allah kita bisa mengawal itu semua," terangnya.

    Selain pengangkutan motor di kereta, pemerintah juga menyiapkan strategi lain terkait mudik Lebaran 2022. Tidak hanya mudik gratis dengan kereta, kendaraan bus penumpang, dan truk pengangkut motor juga digratiskan.

    Editor Team

    COMMENT