Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 03 2020

    MV Twice Dianggap Plagiat, JYP Entertainment Minta Maaf

    Kawula Muda, seorang seniman menuding Twice melakukan plagiat, apa kata agensi Twice?

    Salah satu girgroup asal Korea Selatan, Twice. (INSTAGRAM/TWICE)

    Tak lama berselang setelah perilisan MV More & More yang menjadi penanda comeback-nya Twiceseorang seniman asal Amerika Serikat bernama Davis McCarty menuding bahwa girlgroup tersebut telah melakukan tindakan plagiat.

    Dalam akun Facebooknya, Davis menuliskan bahwa latar belakang set yang dipergunakan dalam MV Twice tersebut sangat mirip dengan replika karya instalasi miliknya. 

    Davis bahkan membagi foto dari instalasi seni berbentuk seperti gapura yang diberi nama Pulse Portal dan sempat dipamerkan di Baltimore sejak April 2018. Foto tersebut kemudian dibandingkan dengan potongan gambar dari video musik More & More yang dirilis pada Senin (1/6/2020). 

    Seperti yang dilansir dari Allkpop, dalam unggahannya, Davis menulis, "Band Kpop Korea Twice mencuri desain 'Pulse Portal' dan membuat replika untuk video musik mereka. (Video) ini sudah memiliki 15 juta views sejak diluncurkan hari ini di YouTube. Ini adalah pelanggaran hak cipta terang-terangan, teman-teman seniman dapatkah kalian membantu beri saya petunjuk?”.

    Namun, tak berapa lama unggahan ini kemudian dihapus oleh Davis.

    Dikutip dari Soompi, Rabu (3/6/2020), agensi yang menaungi Twice yaitu JYP Entertainment akhirnya memberikan tanggapan terhadap tudingan yang dituduhkan oleh Davis kepada Twice.

    Dalam rilisnya, JYP Entertainment menyatakan, “Pagi ini, kami menjadi sadar bahwa salah satu dari potongan video musik More & More menunjukkan kemiripan dengan karya seni yang ada. Kami telah menghubungi perusahaan produksi video musik dan meminta agar mereka berbicara dengan pencipta karya seni asli untuk menyelesaikan situasi ini.”

    Mereka juga menambahkan, “Sebagai agen yang bertanggung jawab untuk merilis karya-karya seniman kami, kami bersumpah untuk memperkuat proses verifikasi kami sehingga ini tidak terjadi lagi.”

    More & More menjadi salah satu lagu andalan dalam mini album kesembilan Twice  yang bertajuk “More & More”.

    Selepas dirilis, mini album yang terdiri dari tujuh lagu itu pun langsung sukses melesat ke posisi puncak tangga lagu iTunes untuk kategori Top Album di 30 wilayah, termasuk Jepang, Brasil, Rusia dan Indonesia. 

    Editor Team

    COMMENT