Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 28 2020

    Negara-negara yang Telah Memulai Vaksinasi Covid-19

    Hai Kawula Muda, vaksin Covid-19 telah ditemukan, waktunya vaksinasi!

    Ilustrasi orang disuntik. (FREEPIK)

    Segera setelah ditemukan vaksin, beberapa negara mulai melakukan program vaksinasi massal untuk memerangi pandemi Covid-19.

    Dilansir Al Jazeera, Senin (28/12/2020), setidaknya 1,73 juta orang meninggal secara global dan menginfeksi 80 juta lebih orang sejak ditemukannya virus pada Desember 2019.

    Pada awal Desember 2020, Inggris menjadi negara pertama di dunia yang mulai mengelola warganya dengan vaksin Covid-19 yang telah diuji klinis sepenuhnya, dan segera diikuti oleh beberapa negara lainnya.

    Berikut ini adalah daftar negara yang telah menyetujui dan mulai memberikan vaksin Covid-19 kepada warganya.

    Britania Raya

    Pada 8 Desember 2020, Margaret Keenan, seorang nenek berusia 90 tahun menjadi orang pertama di dunia yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech di luar uji coba.

    Tetapi, tak lama setelah program vaksinasi diluncurkan, Inggris memberlakukan tindakan penguncian yang ketat setelah jeni virus corona yang baru dan lebih menular ditemukan.

    Amerika Serikat

    Pada hari yang sama, Amerika Serikat juga memberikan vaksin Pfizer, dengan perawat di bagian perawatan kritis di New York City bernama Sandra Lindsay menjadi orang Amerika pertama yang menerimanya.

    Pfizer-BioNTech telah diberikan kepada lebih dari satu juta orang sejak program dimulai. Bahkan saat otoritas AS telah menyetujui vaksin kedua yang dibuat oleh Moderna.

    Kanada 

    Pada 14 Desember 2020, pasien Covid-19 yaitu seorang wanita berusia 89 tahun dari Quebec menjadi penerima vaksin Pfizer pertama di Kanada. Selain Pfizer, Kanada juga telah menyetujui vaksin Moderna untuk program vaksinasi massal.

    Uni Emirat Arab (UEA)

    Pada 14 Desember 2020, suntikan pertama vaksin Covid-19 diberikan di ibu kota UEA, Abu Dhabi. Negara Teluk yang kaya minyak ini telah menyetujui Pfizer-BioNTech dan vaksin Sinopharm buatan China untuk digunakan secara massal.

    Israel

    Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menerima suntikan vaksin Covid-19 pada 19 Desember 2020.

    Netanyahu, 71 tahun, dan menteri kesehatannya disuntik dengan vaksin Pfizer-BioNTech secara langsung di TV di Sheba Medical Center Ramat Gan, dekat Tel Aviv.

    Qatar

    Qatar meluncurkan kampanye vaksinasi Covid-19 gratis setelah gelombang pertama vaksin Pfizer-BioNTech tiba pada 22 Desember 2020.

    Vaksin akan diberikan dalam dua dosis dengan jarak tiga minggu di tujuh pusat kesehatan utama di seluruh negeri.

    Qatar juga telah menandatangani kesepakatan untuk memperoleh vaksin Moderna dan Oxford-AstraZeneca.

    Swiss

    Swiss telah memulai vaksin Covid-19 pada 23 Desember 2020. Seorang warga panti jompo berusia 90 tahunan menerima suntikan pertama, hanya empat hari setelah vaksin Pfizer-BioNTech disahkan.

    Meksiko

    Meksiko memulai program vaksinasi massal pada 24 Desember 2020. Seorang perawat menjadi yang pertama menerima suntikan vaksin yang diharapkan dapat menekan angka kematian akibat Covid-19.

    Peluncuran yang disiarkan televisi dilakukan sehari setelah 3.000 dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech tiba dari Belgia.

    Chile

    Pada 24 Desember 2020, Chile menjadi negara Amerika Latin kedua setelah Meksiko yang memulai program inokulasi.

    Zulema Riquelme, perawat berusia 42 tahun, mendapat suntikan pertama di hadapan Presiden Sebastian Pinera.

    Kosta Rika

    Kosta Rika memberikan suntikan vaksin Covid-19 pertama pada 24 Desember 2020 kepada seorang penghuni panti jompo berusia 91 tahun bernama Elizabeth Castillo.

    Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado Quesada mengatakan, “vaksinasi mungkin merupakan awal dari akhir pandemi ini.”

    Serbia

    Negara Balkan ini memulai peluncuran vaksinnya pada 24 Desember 2020. Perdana Menteri Ana Brnabic menjadi orang pertama yang menerima vaksin Pfizer.

    Prancis

    Vaksin pertama di Prancis dberikan kepada seorang wanita dan dokter yang keduanya berusia 78 tahun. Pemberian vaksin dilakukan di Rumah Sakit Rene-Muret, dekat ibu kota Paris, pada 26 Desember 2020.

    Jerman

    Pada 26 Desember 2020, Jerman juga telah memulai vaksinasi di negara bagian Saxony-Anhalt. Di pusat warga senior Krueger di kota Halberstadt, Edith Kwoizalla (101 tahun), adalah orang pertama yang divaksin.

    Hungaria

    Hungaria juga telah memulai vaksinasi Covid-19 kepada petugas kesehatan pada 26 Desember 2020.

    Kantor Berita Negara MTI melaporkan, Hungaria telah menerima pengiriman pertama vaksin Pfizer-BioNTech yang akan cukup menginokulasi 4.875 orang.

    Slovakia

    Pada 26 Desember 2020, Slovakia mulai memberikan vaksin kepada penduduknya untuk melawan pandemi global. Vladimir Krcmery, anggota Komisi Pandemi Pemerintah adalah orang pertama di negara itu yang diinokulasi oleh vaksin dari Pfizer-BioNTech.

    Kroasia

    Pada 27 Desember 2020, seorang penghuni panti jompo berusia 81 tahun menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 di Kroasia.

    Pejabat tinggi Kroasia hadir saat Branka Anicic menerima vaksin di depan kamera. Branka mengatakan, ia sangat senang telah dipilih dan mendesak orang lain untuk mendapatkannya juga.

    Siprus

    Siprus juga mulai meluncurkan program vaksinasi pada 27 Desember 2020. Para pensiunan di rumah-rumah di ibu kota Nicosia dan kota Larnaca serta Limassol menjadi yang pertama menerima suntikan vaksin dua dosis.

    Republik Ceko

    Perdana Menteri Andrej Babis menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksin Pfizer-BioNTech di Rumah Sakit Militer Pusat di Praha pada 27 Desember 2020. Pemberian vaksin tepat sebelum rumah sakit lain di ibu kota dan kota terbesar kedua, Brno, mulai mendistribusikan 9.750 dosia yang telah diterima negara sejauh ini.

    Denmark

    Denmark juga mulai memvaksinasi orang-orang di panti jompo pada 27 Desember 2020. Leif Hasselberg yang berusia 79 tahun menjadi orang pertama di negara itu yang menerima vaksinasi di kota Odense.

    Finlandia

    Pada 27 Desember 2020, enam petugas kesehatan garis depan, yang terdiri dari tiga perempuan dan tiga laki-laki menjadi yang pertama divaksinasi di Finlandia. Vaksinasi dilakukan di Rumah Sakit Universitas Helsinki.

    Yunani

    Pada 27 Desember 2020, Afstathia Kambissiouli, kepala perawat di unit perawatan intensif, menjadi orang pertama yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech di Yunani.

    Presiden dan Perdana Menteri Yunani menjadi orang ketiga dan keempat di negara itu yang menjalani vaksinasi Covid-19.

    Italia

    Vaksinasi pertama di Italia dilakukan pada 27 Desember 2020. Perawat Claudia Alivernini menjadi orang pertama yang menerima vaksin tersebut. Claudia diinokulasi dengan empat orang lainnya di Rumah Sakit Spallanzani di Roma.

    Malta

    Pada 27 Desember 2020, seorang perawat rumah sakit negara menjadi orang pertama yang divaksin di Malta.

    Oman

    Pada 27 Desember 2020, Oman meluncurkan kampanye inokulasi Covid-19 melalui Menteri kesehatan kesultanan yang menerima dosis pertama vaksin Pfizer.

    Polandia

    Pada 27 Desember 2020, Alicja Jakubowska, kepala perawat di Rumah Sakit Kementerian Dalam Negeri di ibu kota Warsawa, menerima vaksin Pfizer-BioNTech di Polandia.

    Rumania

    Mihaela Anghel, seorang perawat di Matei Bals Institute di Bucharest, menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksin di Rumania. Negara itu akan mulai menvaksinasi warganya pada 27 Desember 2020.

    Spanyol

    Pada 27 Desember 2020, seorang pria berusia 96 tahun yang tinggal di panti jompo menjadi orang pertama yang divaksinasi di Spanyol.

    Araceli Rosario Hidalgo Sanchez dengan wajah tersenyum mengaku tidak merasakan apa-apa setelah disuntik vaksin di rumah jompo Guadalajara. 

    Editor Team

    COMMENT