Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Aug 05 2022

    Pasien Suspek Cacar Monyet di Jawa Tengah Dipastikan Negatif

    Meskipun dinyatakan negatif, Kawula Muda tetap harus waspada dan menjaga pola hidup sehat ya

    Ilustrasi cacar monyet. (FREEPIK)


    Seorang pasien yang menjadi suspek cacar monyet atau monkeypox di Jawa Tengah kini dinyatakan negatif setelah sebelumnya diperiksa, hal tersebut disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

    "Kemarin terindikasi satu, tadi hasil PCR-nya negatif," ujar Ganjar, Kamis (4/8/2022).

    Kendati sudah dipastikan negatif, Ganjar tetap mengingatkan kepada masyarakat agar waspada terhadap cacar monyet yang sedang mewabah di negara lain. Ganjar mengimbau masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat dalam mengantisipasi penyakit tersebut.

    Orang nomor satu di Jawa Tengah tersebut meminta bagi siapa saja yang memiliki gejala mirip cacar monyet harus segera menjalani pemeriksaan.

    "Semua sekarang kalau ada gejala segera periksa. Itu yang paling penting," lanjut Ganjar.


    Lebih dari itu, Ganjar juga meminta jajarannya untuk melakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk dengan Kementerian Kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit cacar monyet.

    Ganjar juga turut meminta pemerintah pusat agar memperketat akses masuk Indonesia untuk mencegah laju penyebaran cacar monyet yang sudah dianggap sebagai wabah global oleh WHO.

    "Kami meminta karena ini pasti ada pengaruh dari luar, maka pintu masuk Indonesia masih butuh pengetatan-pengetatan dan checking menggunakan banyak peralatan agar bisa aman," katanya.

    Editor Team

    COMMENT