Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 19 2020

    Patung Jenderal Sudirman Ada di Tokyo, Jepang

    Hai Kawula Muda, patung Jenderal Sudirman ada di Jepang lho, tepatnya di halaman Kementrian Pertahanan (Kemhan) Jepang di kota Tokyo.

    Upacara peletakan karangan bunga di depan patung Jenderal Sudirman di Kementrian Pertahanan Jepang. (KBRI TOKYO)

    Ada patung Jenderal Sudirman di Jepang. Tepatnya di halaman Kementrian Pertahanan (Kemhan) Jepang di kota Tokyo.

    Patung dengan tinggi sekitar empat meter itu dibuat akurasi seni yang sangat mirip dengan sosok Jenderal Sudirman.

    Bagi bangsa Indonesia, patung salah satu pahlawan nasional Indonesia ini adalah simbol nasionalis terhadap cita-cita dan perjuangan besar para tantara dan rakyat melawat penjajah.

    Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia pertama tersebut sangat dihormati dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang sangat mumpuni di masa perang gerilya.


    PATUNG JEND SUDIRMANPatung Jenderal Sudirman, satu-satunya patung pahlawan asing yang ada di Jepang. (KBRI Tokyo)

     

    Untuk menghormati hubungan antara Indonesia dan Jepang

    Jenderal Sudirman pertama kali melawan penjajah saat bergabung dengan Gerakan Pembela Tanah Air (PETA), yang kabarnya didukung oleh NIPPON, Jepang.

    Karenanya, nama besar Sang Pahlawan membawa arti penting bagi hubungan Indonesia dan Jepang yang kala itu juga turut menjajah Indonesia.

    Dengan alasan hubungan antara kedua negara, Kemhan Jepang di Tokyo akhirnya membangun patung Sang Jenderal di halaman kantor mereka.

    PATUNG JEND SUDIRMANUpacara HUT Kemerdekaan RI di Kemhan Jepang, Tokyo. (KBRI TOKYO)

     

    Patung Jenderal Sudriman tersebut menjadi satu-satunya patung pahlawan asing yang dipajang di Negeri Matahari Terbit ini. Patung berbahan perunggu dengan tinggi sekitar 4 meter itu diresmikan pada 14 Januari 2011.

    Dikabarkan juga, selain sebagai bukti hubungan antara dua negara, patung ini juga merupakan hadian dari Kementrian Pertahanan RI kepada Kementrian Pertahanan Jepang.

    Salah satu upacara yang masih sering dilaksanakan hingga saat ini yakni peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang tiap tahunnya diperingati di Kementrian Pertahanan Jepang, dan di depan patung Jenderal Sudirman.

    Bila tahun-tahun sebelumnya perayaan diwarnai dengan aneka lomba dan aktivitas, tahun ini tidak lagi, karena tengah terjadi pandemi.

    Meski demikian, KBRI Tokyo bersama Atase Pertahanan dan beberapa Pejabat Diplomatik dari Fungsi Politik serta Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya menghadiri undangan dari Kemhan Jepang untuk menghadiri upacara peletakan karangan bunga di patung Jenderal Sudirman.

    Hadir dari pihak Jepang antara lain Parliamentary Vice-Minister of Ddefence Mr Koichi Watanabe.

    PATUNG JEND SUDIRMANUsai perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-75 di depan Patung Sudirman Kemhan Jepang, Tokyo. (KBRI TOKYO)

     

     

    Editor Team

    COMMENT