Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jan 27 2022

    Pemerintah Indonesia akan Membangun Tol Bawah Air Pertama

    Kawula Muda, ruas Tol Balikpapan - Samarinda akan dibuat tol bawah air oleh pemerintah Indonesia, lho!

    Jalan Tol Jakarta-Cikampek.(JASAMARGA)

    Pemerintah berencana akan membangun jalan tol terowongan di bawah air. Tol tersebut akan menghubungkan ruas tol Balikpapan - Samarinda (Balsam) dengan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

    Kepala Badan Pengatur Jalan (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, saat ini proyek jalan tol bawah air masih dalam tahap perencanaan teknis terinci atau Engineering Design (DED).

    "Jadi terowongan itu ditenggelamkan di laut atau sungai, sehingga bisa melintas. Dalam bahasa umum tol bawah laut. Bapak Dirjen Bina Marga menginginkan bahwa teknologi yang kami pakai itu adalah teknologi yang terbaik, termasuk salah satunya adalah pemanfaatan submersible crossing," tuturnya dalam Konferensi Pers, Senin (24/01/2022).

    Pemerintah Indonesia akan Membangun Tol Bawah Air Pertama KalinyaDanang Parikesit membahas rencana Indonesia untuk perluasan infrastruktur transportasi pembangunan jalan dan jembatan pada tahun 2020. (TWITTER/Financial Times Live)

     

    Indonesia kini telah memiliki teknologi submersible crossing atau terowongan penyeberangan bawah air. Tol tersebut akan dibangun dengan menghubungkan ruas Tol Balsam dengan kawasan Nusantara yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

    "Nanti akan ada satu tempat, di mana akan tersambung ke IKN, dan di situlah pada saat akan menyeberang sungai, maka akan menggunakan terowongan penyeberangan bawah air," lanjutnya.

    Menurut Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S. Atmawidjaja, tujuan  pembangunan tol bawah air untuk melindungi kawasan area lindung di sekitar IKN.

    "Jadi kami tidak mau di area lindung itu dirusak. Kemudian juga terdapat area rawa disekitarnya, sehingga akses konektivitas jalannya melalui tol bawah air," ujarnya.

    Editor Team

    COMMENT