Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 19 2022

    Pemkot Bekasi Bagikan 16.560 Kondom untuk Cegah Penularan HIV

    Bakal dibagikan ke puskesmas, rumah sakit, serta pasangan diskordan HIV.

    Ilustrasi HIV AIDS (UNSPLASH)


    Untuk mencegah adanya penularan HIV AIDS, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi membagikan 16.560 kondom, nih Kawula Muda.

    "Penggunaan alat kontrasepsi mampu mengurangi risiko penularan virus HIV hingga 95 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengutip dari Kompas, Senin (19/09/2022).

    Kondom nantinya diberikan kepada fasilitas kesehatan yang memiliki perawatan dan pengobatan HIV, di antaranya adalah RSUD Cashbullah Abdul Madjid, RS Elisabeth, dan RS Ananda Bekasi.

    Selain itu, kondom juga dibagikan ke Puskesmas Perumnas II, Puskesmas Mustika Jaya, Puskesmas Karang Kitri, Puskesmas Pengasinan, serta Puskesmas Kali Abang Tengah.

    HIV AIDSHIV AIDS (UNPLASH)

    "Alat kontrasepsi ini selanjutnya akan didistribusikan kepada pasangan diskordan HIV sebagai pencegahan sekaligus memutus rantai penularan pada pasangan," lanjutnya.

    Pasangan diskordan adalah pasangan yang salah satunya terjangkit HIV. Saat dalam kondisi baik, mereka bisa melakukan hubungan seksual di masa subur.

    Namun, penularan pemakaian kondom saja tidak menjamin terhindar dari penularan HIV, loh Kawula Muda. Tanti menyebut, penyebabnya bisa terjadi karena kesalahan ketika menggunakan kondom, kebocoran pada kondom, serta penyimpanan kondom yang tidak tepat, seperti terkena sinar matahari secara langsung.

    Dinas kesehatan Kota Bekasi juga melakukan serangkaian upaya untuk mencegah penularan HIV. Selain membagikan kondom, Pemkot Bekasi juga melaksanakan agenda workshop serta skrining kelompok berisiko.

    "Kami juga melakukan skrining dan edukasi terkait HIV setiap Ahad, saat pelaksanaan Car Free Day. Edukasi ini melibatkan aktivis ataupun pegiat HIV," ujar Tanti.

    Editor Team

    COMMENT