Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 22 2020

    Pengguna iPhone 12 Akan Bermasalah pada Keamanan Data di Aplikasi WhatsApp

    Kawula Muda, ini dia perbedaan chat backup antara WhatsApp dan iMessage!

    Pengguna Apple iPhone 12 akan hadapi masalah dengan WhatsApp. (UNSPLASH)

    WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang populer di Indonesia bahkan di dunia. Berdasarkan data Statista, pemakai layanan WhatsApp mencapai 1,5 miliar pengguna aktif di 180 negara.

    Dilansir dari laman Fortunly, Jumat (31/1/2020), jumlah pengguna WhatsApp telah mengungguli aplikasi milik Facebook lainnya. Facebook memiliki 1,3 miliar pengguna dan Instagram 800 juta pengguna.

    Dilansir dari Forbes, (18/10/2020), pengguna WhatsApp yang akan beralih ke iPhone 12 akan mengalami kerentanan keamanan data.

    Untuk menggunakan akun di gawai terbaru, pengguna harus mentransfer backup data ke ponsel baru. Masalahnya adalah, media dan pesan yang di-back-up tidak dilindungi oleh WhatsApp saat berada di iCloud.

    Hal ini membuat bukan hanya pengirim dan penerima yang bisa melihat isi pesan, melainkan juga memberi akses ke Apple. JIka Apple bermasalah, pemerintah atau pihak lain bisa saja mengakses data tersebut.

    Masalah keamanan ini merusak fungsi end-to-end encryption atau enskirpsi end-to-end yang ada di WhatsApp. Fungsi ini seharusnya melindungi data sehingga hanya bisa diketahui oleh pengirim dan penerima.

    Tidak ada orang lain yang bisa membaca data terenkripsi, termasuk peretas, pemerintah, dan bahkan server tempat data dilewatkan.

    Replika iPhone 12.Replika iPhone 12. (MACWORLD)

     

    Apple dulu memiliki masalah yang sama dengan iMessage, yaitu anomali di mana enkripsi end-to-end tidak valid dalam Cloud. Masalah ini kemudian diperbaiki pada 2017 dengan iOS 11.

    Tidak seperti WhatsApp, iMessage menawarkan akses multi-platform. Pengguna dapat menggunakan akun iMessage yang sama di iPhone, iPad, dan Mac.

    Tidak hanya itu, Apple juga menawarkan opsi untuk menyinkronkan riwayat pesan lengkap di semua perangkat yang ditautkan. Jika kalian menambahkan perangkat baru, cukup aktifkan "Pesan di iCloud" di bawah pengaturan iCloud dan semua pesan akan diunggah.

    Selain itu, ada opsi lain. Pertama kalian dapat mem-back-up data dari perangkat lama ke Mac atau PC, lalu memulihkannya dari sana.

    Kedua, kalian dapat menggunakan migrasi perangkat-ke-perangkat offline iPhone. Tetapi, ini bukan cara yang WhatsApp sarankan untuk mentransfer pesan ke ponsel baru.

    COMMENT