Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 13 2021

    Pernah Diperingatkan BMKG, Gempa M 4,8 Guncang Pacitan, Gunungkidul, hingga Yogyakarta

    Kawula Muda, ngerasain getaran gempa jam 12 siang tadi enggak?

    Ilustrasi bangunan yang retak. (PIXABAY)

    Kawula Muda, gempa tektonik berkekuatan M 4,8 baru saja menggoyang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada Rabu (13/10/2021) pukul 12.00.47 WIB. 

    Kepala Stageof Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sleman, Ikhsan, mengatakan bahwa gempa tersebut berpusat di laut dengan jarak 78 km ke arah Barat Daya Pacitan, dengan kedalaman 55 km.

    Gempa yang diketahui episenternya berada di koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT itu juga mengguncang Trenggalek, Gunungkidul, Bantul, dan Yogyakarta.

    Melansir informasi BMKG melalui akun Twitter-nya, kekuatan gempa yang terjadi di Pacitan, Trenggalen, dan Wonogiri berada di skala III MMI (Modified Mercalli Intensity) yang diidentifikasikan sebagai getaran nyata yang dirasakan dalam rumah, seperti getaran yang disebabkan oleh truk lalu lalang.

    Berbeda dengan Gunung Kidul, Bantul, dan Yogyakarta yang merasakan gempa dengan skala lebih rendah yakni skala II MMI. Getaran yang hanya dirasakan oleh beberapa orang. Biasanya, pada skala tersebut, benda-benda ringan yang digantung terlihat bergoyang.

    Mendengar gempa tersebut terjadi di Pacitan tidaklah asing. Pada Rabu (21/7/2021) lalu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, telah mengingatkan masyarakat akan potensi adanya gempa dan tsunami mengingat lokasi Pacitan masuk dalam zona merah gempa.

    Masyarakat diminta untuk mengakses informasi aktual melalui info BMKG untuk perkembangan lebih lanjut.

    Stay safe, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT