Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jun 15 2022

    Pertama di Asia, Vespa World Day 2022 Bali Raih Rekor Muri

    Kawula Muda, ini jadi pertama kalinya VWD digelar di luar Eropa, loh!

    Vespa World Day 2022 di Bali (KOMPAS)


    Vespa World Day (VWD) yang telah diselenggarakan pada 9-12 Juni 2022 lalu, berhasil mendapatkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai tuan rumah pertama di Asia.

    Acara yang berlangsung di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali ini, juga diusulkan menjadi nominator Rekor Dunia Peserta Terbanyak Partisipan Pecinta Vespa di VWD.

    Penyerahan plakat rekor dan buku Muri tersebut berlangsung saat penutupan VWD 2022, Sabtu, 11 Juni.

    Perwakilan Museum Rekor Indonesia (Muri), Yusuf Ngadri mengatakan, pada tahun ini VWD yang dilaksanakan di Nusa Dua Bali, merupakan kali pertama di Luar Eropa. Sebenarnya, rencana ini ingin digelar di tahun 2020, namun baru bisa terealisasi di tahun ini.

    Vespa World Day BaliVespa World Day 2022 di Bali (TEMPO)

     

    “Kali pertama terselenggara di luar Eropa, oleh karena itu Muri mencatat sebagai penyelenggara VWD pertama di Asia. Yang kedua sebagai nominator yang telah diusulkan dengan besarnya partisipan Vespisties yang hadir akan direncanakan sebagai rekor dunia,” tutur Yusuf Ngadri.

    Selain itu, Ketua Pelaksana VWD 2022, Danny Hardjuna mengungkapkan, VWD yang dilaksanakan pertama kalinya di luar Benua Eropa itu, berhasil mendatangkan peserta teregister yang jauh lebih banyak ketimbang gelaran sebelum-sebelumnya.

    “Rata-rata biasanya yang tercatat atau teregister, itu hanya tidak lebih dari 6 ribu. Tapi di Indonesia ini, di Bali ini, kita lebih. Kita berkumpul 8.985 peserta teregister. Dan melibatkan volunteer sebanyak 1.700 orang,” kata Danny.

    VWD adalah kelanjutan dari acara tahunan Europe Vespa (1954-2006). Tahun 2007, kegiatan berubah nama menjadi VWD yang selalu digelar di Eropa. Kemudian di tahun 2022 ini, untuk pertama kalinya VWD dilaksanakan di Indonesia.

    VWD 2022 dihadiri oleh perwakilan komunitas Vespa 17 negara. Yakni Amerika Serikat, Australia, Austria, Jerman, Italia, Jepang, Malaysia, Filipina, UK, Spanyol, Yordania, Vietnam, Prancis, Finlandia, Makedonia, Meksiko, dan Pakistan.

    Editor Team

    COMMENT