Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 18 2020

    Pesan Kesehatan Mental dari Kate Middleton dan Dua Lipa

    Hai Kawula Muda, yang pengin tetap sehat jiwa dan raga, jangan lewatkan artikel ini ya.

    Duchess of Cambridge, Kate Middleton. (INSTAGRAM/Duke and Duchess of Cambridge)

    Kematian, kemiskinan, dan kegelisahan menghantui masyarakat dunia seiring belum meredanya pandemi COVID-19. Situasi ini memunculkan krisis kesehatan mental karena tekanan psikologis dihadapi individu yang terpaksa melakukan isolasi.

    Tumpukan masalah di tengah kesulitan ini disadari Kate Middleton dan Prince William serta selebritas Inggris lainnya, seperti Dua Lipa, aktor David Tenant, dan pesepak bola Harry Kane.

    Mereka memberikan pesan seputar pentingnya kesehatan mental lewat sebuah video yang digagas The Royal Foundation of The Duke and Duchess of Cambridge. 

    “Jika kamu mengalami kesulitan, penting untuk mengungkapkannya. Atau jika orang yang kamu kenal mulai bertingkah aneh, tidak masalah untuk menanyakan kondisinya. Manfaatkan momen ini untuk saling berkirim pesan," kata  Middleton seperti dilansiru The Sun.

    Tekanan mental menurut laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada masa pandemi ini melonjak tajam.

    Anak-anak dan remaja yang diharuskan beraktifitas di rumah merupakan salah satu yang rentan mengalami gangguan mental. Banyak di antara mereka mengalami kecemasan, kepanikan, amnesia, dan emosi yang mudah meledak.

    Para petugas medis yang menjadi garda terdepan dalam penangangan pasien COVID-19 juga paling rentan menghadapi tekanan mental.

    Jam kerja yang berlebihan, ketakutan, hingga efek lainnya bahkan kabarnya membuat beberapa petugas medis memilih bunuh diri. Belum lagi efek ekonomi akibat pandemi yang belum diketahui kapan berakhirnya.

    “Kita semua saling terhubung. Dan terkadang, dengan hanya membicarakan bagaimana perasaanmu akan jadi pembeda besar,” ucap William.

    Cara Dua Lipa untuk jaga kesehatan mental

     


    Karantina berkepanjangan karena pandemi COVID-19 juga bukan hal mudah bagi penyanyi Dua Lipa. “Kita semua merasa ketakutan, sendirian, dan bingung,” ujar Dua Lipa.

    Tapi, artis berusia 24 tahun yang menjalani masa karantina bersama pacarnya, Anwar Hadid, di London ini mengaku punya cara menghadapi tekanan mental itu. Berikut tips-nya seperti dilansir vogue.in.

    • Berdamai dengan situasi yang sulit diprediksi. Dua Lipa harus menerima kenyataan bahwa album keduanya yang dirilis pada situasi pandemi tak akan menuai hasil sesuai ekspektasi.
    • Berempati kepada semua orang tanpa terkecuali, termasuk berbagi dengan orang yang tak dikenal di media social.
    • Tetap menjalani kegiatan rutin seperti saat normal, semisal berolahraga bersama dengan teman melalui media online.
    • Sesekali menjauh dari media sosial.
    • Menulis kegiatan atau menulis apa pun yang diinginkan.
    • Berbagi jika mampu untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.
    Editor Team

    COMMENT