Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Nov 04 2022

    Polri Dinobatkan sebagai Institusi Terbaik di Dunia Peringkat Ke-5

    Kawula Muda, selamat untuk Indonesia

    Ilustrasi survei Gallup dan Polri (Gallup & Tempo)


    Kawula Muda, Polri dikatakan sebagai lembaga penegakan hukum yang memberikan perlindungan, pengayoman serta pelayanan kepada masyarakat di Indonesia masuk ke dalam peringkat lima besar sebagai negara dengan institusi polisi terbaik di dunia, loh!

    Predikat tersebut merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Gallup Global Law and Order Index 2022, Amerika Serikat. Faktanya, Gallup dikatakan sebagai lembaga yang memiliki kekuatan analisis menempatkan institusi Polri sebagai polisi terbaik nomor lima di dunia, Kawula Muda.

    hasil survei GallupHasil survei yang menunjukkan Kepolisian Indonesia berada di peringkat kelima terbaik di seluruh dunia (Gallup)

     

    Berdasarkan survei tersebut, kepolisian Indonesia menempati urutan kelima di dunia setelah Singapura di urutan pertama, Tajikistan, Norwegia, dan Swiss. 

    Menurut laporan Gallup, Indonesia bersama negara di Asia Tenggara lain mengalami tren kenaikan kepercayaan terhadap aparat keamanan. Berdasarkan tren tersebut, Gallup menilai tingkat kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap institusi Polri pun terus meningkat.

    Dalam melakukan survei, Gallup menggunakan sejumlah pertanyaan untuk mengukur indeks kepercayaan masyarakat. Dalam survei yang dilakukan, Gallup memberikan empat pertanyaan kepada 127.000 orang dewasa di lebih dari 120 negara di dunia untuk mengetahui rasa aman pengalaman pribadi atas kejahatan dan penegakan hukum yang terjadi di negaranya.

    Mengutip Times Indonesia, Indonesia menempati angka 92, skor ini rupanya lebih unggul dibandingkan beberapa negara lain, seperti Finlandia dengan skor 91 dan Portugal dengan skor 91.

    Hal ini didasari dengan survei Gallup yang menunjukkan bahwa Indonesia mengalami lonjakan kepercayaan warga terhadap kepolisian menjadi 92 persen pada tahun 2022. Diketahui, pada tahun sebelumnya, yaitu 2021 tingkat kepercayaan warga terhadap Polri hanya di angka 81 persen. 

    Gallup juga menambahkan, penurunan kepercayaan terhadap Polri di tahun 2021 menurun akibat aksi kekerasan aparat terhadap para demonstran.

    Menanggapi hasil survei ini, Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengapresiasi hasil survei tersebut, Kawula Muda. 

    "Kami sampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas kepercayaannya. Tentu akan kami tingkatkan. Polri ini milik masyarakat, jadi kami akan terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia, akan menjalankan fungsi dan kewenangan kami di Polri dengan maksimal,” ucap Ramadhan dari keterangan pers, mengutip Times Indonesia Selasa (1/11/2022).

    Bagaimana hasil survei tersebut menurut lo, Kawula Muda?

    Editor Team

    COMMENT