Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 21 2021

    Polri Gelar Lomba Mural, Masyarakat Dipersilahkan Sampaikan Kritik

    Kawula Muda, berminat buat ikut?

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (INSTAGRAM/divisihumaspolri)

    Kepolisian RI (Polri) akan menggelar lomba mural dalam festival Piala Kapolri 2021. Lomba tersebut memiliki tema Peran Generasi Muda untuk Berkreasi dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi Covid-19. 

    "Lomba mural ini diselenggarakan dengan tujuan salah satunya adalah memberikan wadah kebebasan berekspresi bagi masyarakat," tutur Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam keterangan tertulis, Rabu (20/10/2021) dikutip dari Kompas.com. 

    Listyo menambahkan bahwa peserta mural dapat menghasilkan karya seni berupa kritikan ke Polri, baik positif maupun negatif. Ia menegaskan bahwa Polri merupakan lembaga anti-kritik sehingga lomba mural tersebut dapat menjadi wadah kebebasan bagi masyarakat.

    "Polri tidak akan pernah anti-kritik. Semua masukan yang sifatnya membangun akan kita tampung, untuk dijadikan bahan intropeksi agar menjadi semakin baik ke depannya," kata Listyo.

    Ia juga mengatakan akan mengapresiasi pihak yang menyampaikan kritik membangun untuk institusi Korps Bhayangkara. 

    Menurutnya, hal itu sesuai dengan gagasan “Pesisi” atau prediktif, reponsibilitas, dan transparasi keadilan yang sedang digelorakan dalam internal Polri agar mampu menjadi lebih baik lagi. 

    Sebelumnya, Polri menerima kritik akibat menghapus beberapa mural yang memiliki nada mengkritik pemerintah maupun Polri. Presiden Indonesia, Joko Widodo pun mengatakan akan menegur Polri karena penghapusan mural tersebut.

    MuralSalah satu mural kritik yang terdapat di Tol Kunciran-Bandara Soekarno Hatta, Batuceper, Tangerang, Banten dihapus oleh aparat kepolisian (KOMPASIANA)

     

    Bagi yang berminat mengikuti lomba mural tersebut, dapat mulai mendaftar pada 27 September 2021 hingga 17 Oktober 2021 (tingkat Polda) atau 27 September 2021 hingga 20 Oktober 2021 (tingkat Mabes Polri).

    Nantinya, festival seni mural Piala Kapolri 2021 akan diselenggarakan pada 30 Oktober 2020 di Lapangan Bhayangkara. 

    Editor Team

    COMMENT