Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 10 2021

    Presiden Jokowi Promosikan Bipang Ambawang, Buat Pedagang Kewalahan Karena Ramai Pesanan!

    Kawula Muda, kalau kuliner khas daerah favorit lo apa?

    hot-thai-kitchen.com

    Beberapa hari terakhir Presiden Joko Widodo sempat viral karena pernyataannya perihal kuliner khas daerah, bipang Ambawang atau yang merupakan singkatan dari babi panggang, makanan khas Kalimantan Barat. 

    Video tersebut berisi Jokowi yang sedang mengajak masyarakat Indonesia untuk membeli makanan khas daerah secara daring karena saat ini masih pandemi dan masyarakat Indonesia masih belum dapat melakukan budaya mudik ke kampung halaman. Karena hal ini, Jokowi mempromosikan cara untuk tetap bisa mengobati kerinduan dengan kampung halaman dengan membeli makanan khas daerah. Jokowi mengatakan bagi yang rindu dengan makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, empek-empek Palembang, bipang Ambawang Kalimantan dan lain-lain tinggal pesan makanan kesukaan akan sampai di rumah. 

    Hal ini kemudian menjadi ramai lantaran bipang Ambawang merupakan singkatan dari babi panggang dan banyak masyarakat yang menyalah artikan maksud Presiden Jokowi ketika mempromosikan makanan tersebut di bulan Ramadhan. Topik bipang Ambawang bahkan sampai masuk ke trending topic nasional. 

    Dengan respon yang beragam dari masyarakat, Kementerian Perdagangan selaku penyelenggara acara tersebut kemudian membuat klarifikasi perihal maksud dari Presiden Jokowi mempromosikan bipang Ambawang tersebut tidak lebih dari memperlihatkan keberagaman kuliner khas daerah yang ada di Indonesia dan tidak menggolongkan pihak-pihak tertentu saja. 

    Karena bipang Ambawang kemudian menjadi trending topic dan dibicarakan oleh sebagian besar warganet, hal ini menguntungkan banyak pedagang bipang Ambawang terlebih mereka yang sudah menggunakan e-commerce dalam mendagangkan makanannya. 

    Lewat banyaknya perhatian yang tertuju pada makanan bipang Ambawang ini, omset pedagang bipang Ambawang naik lantaran menerima banyak orderan dari banyak kota di Indonesia seperti Jakarta. Dilansir dari cnnindonesia.com, salah satu pedagang bipang Ambawang yang juga berdagang via daring mengungkapkan bahwa pengikut media sosialnya naik hingga 2.000 akun dalam dua hari terakhir karena hal ini. 

    Tidak hanya berdatangan pembeli dari banyak kota di Indonesia, karena kabar viralnya bipang Ambawang ini, pedagang bipang juga mengaku mendapat orderan dari luar negeri.

    Editor Team

    COMMENT